5 Budaya Indonesia yang Diakui Sebagai Warisan Dunia UNESCO, Keren Banget Loh !

(Sumber Gambar : Pixabay/Budaya Indonesia)
(Sumber Gambar : Pixabay/Budaya Indonesia)
0 Komentar

Kalian apakah pernah mengikuti kegiatan ekstrakulikuler angklung selama masa sekolah ?

3.Tari Saman

Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari tanah Gayo, Aceh. Tari saman ini biasanya dilakukan secara berkelompok yang tariannya dimainkan secara bergantian serta berselang-seling.

Tarian ini sangat memperhatikan keselarasan dan juga kekompakan. Biasanya, Tari Saman akan ditampilkan pada acara-acara besar seperti acara keagamaan, tak jarang juga Istana Negara menampilkakn tarian ini pada saat hari raya nasional.

Pada tahun 2011, sudah menjadi bagian dari warisan budaya yang sudah diakui UNESCO. Wah, jadi makin bangga ya sama keanekaragaman Indonesia.

Baca Juga:4 Negara Terindah Di Dunia yang Menawan, Bisa Jadi Referensi untuk LiburanTips Memilih Warna Tenda Pernikahan, Wujudkan Resepsi Impianmu !

4.Noken

Noken merupakan tas yang berasal dari papua, tas ini merupakan rajutan tradisional dan sering dipakai oleh warga paling timur Indonesia.

Karena produksi tas ini semakin jarang dan juga jarang untuk ditemui, membuat Noken masuk kedalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO yang masuk kategori membutuhkan perlindungan mendesak.

Masalah dari produksi tas Noken ini salah satunya ketatnya persaingan pasar, yang harus bersaing dengan tas buatan pabrik, selain itu bahan baku dari tas Noken mulai sulit untuk ditemui dan didapatkan.

Hal ini menyebabkan, tradisinya juga ikut meluntur. Sebenarnya Noken ini bagus dan khas loh sahabat biartau.

5.Keris

Senjata tradisional asal Jawa ini, ternyata sudah masuk kedalam daftar warisan budaya yang diakui oleh UNESCO pada tahun 2008.

Keris ini bagi sebagian orang, masih dipercaya sebagai benda keramat dan sangat dijaga. Bahkan, pada malam tertentu, keris akan di bersihkan dengan bunga tujuh rupa.

Selain itu, Keris juga masih sering digunakan dalam upacara tertentu, dan merupakan bagian dari busana adat Jawa. Masyarakat jawa juga mendapatkan keris dari keluarga dan di turunkan secara turun-temurun.

Baca Juga:Destinasi Selabintana Sukabumi, Menikmati Pemandangan Sunrise yang Sangat Memukau!Destinasi Curug Cikaso Sukabumi, Berbagai Keunikan yang Memikat Hati!

Keris juga memiliki tampilan yang unik, tidak jarang memiliki corak yang sangat tak lazim, seperti contohnya naga atau ular. Oleh UNESSCO keris masuk kedalam kategori perwakilan, karena masih sering dipakai di upacara khusus tertentu.

Nah, itulah 5 budaya Indonesia yang diakui sebagai warisan budaya oleh UNESSCO. Semoga budaya ini terus bisa dilestarikan ya.

0 Komentar