Wow! Bahasa Indonesia akan Diajarkan di Universitas Harvard

Wow! Bahasa Indonesia Akan Diajarkan di Universitas Harvard
Gedung Harvard University - istimewa
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Universitas Harvard merupakan sebuah perguruan tinggi riset swasta milik asosiasi Ivy League yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1636, menjadikaan Universitas Harvard sebagai institusi pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat.

Dikabarkan di Universitas Harvard akan segera menawarkan kuliah tentang bahasa Tagalog, Indonesia, dan Thailand, menurut sebuah laporan makalah mahasiswa Harvard Crimson.

“Fakultas Studi Asia Selatan di Universitas Harvard akan mempekerjakan tiga instruktur untuk mengajar bahasa Tagalog, Indonesia, dan Thailand, untuk tahun akademik 2023 hingga 2024,” demikian pernyataan dari laporan makalah itu.

Baca Juga:Gempa Bumi Berkekuatan 4,0 M Guncang CianjurAG Pacar Mario Dandy Tiba di PN Jaksel untuk Jalani Musyawarah Diversi

Dalam laporan tersebut, Departemen Studi Asia Selatan Universitas Harvard, mengatakan mereka akan merekrut tiga guru untuk mengajar Bahasa Tagalog, Indonesia dan Thailand. Rencananya kursus tiga bahasa itu akan dimulai pada tahun ajaran 2023 sampai 2024.

Didalam laporan tersebut juga menambahkan, bahwa penunjukan pengajar bisa diperpanjang sampai jangkai waktu 5 tahun. Program tersebut akan didukung anggaran sebesar USD 1 juta atau setara Rp 15 miliar lewat inisiatif penggalangan dana.

James Robson yang merupakan Profesor Bahasa Asia Timur dan Peradaban yang juga menjabat sebagai Direktur Pusat Asia Harvard,  mengatakan kini pihaknya tengah bekerja untuk memperluas edukasi mengenai Asia Tenggara, dalam dua tahun ke depan.

Melalui kuliah bahasa ini, Robson mengatakan Harvard berharap dapat menunjukkan tingginya minat akan bahasa di Asia tenggara dan dapat menggunakan ini untuk

“Lewat kursus Tagalog, departemen di Harvard berharap dapat menunjukkan permintaan akan minta terhadap bahasa Asia Tenggara,” kata Robson seperti dikutip dari Strait Times.

“Semoga kami dapat menggunakan ini demi meyakinkan pemerintah mendukung studi Asia Tenggara,” sambung dia.

Diketahui Harvard bukanlah perguruan tinggi Amerika Serikat pertama yang menawarkan bahasa dari Asia tenggara kepada mahasiswanya.

Baca Juga:Ahmad Dhani Larang Once Mekel Bawakan Lagu Dewa-19, Kenapa?Dosen Wanita Tewas Gantung Diri di Apartemen Gateway Bandung

University of Washington di Seattle yang merupakan universitas yang menawarkan kuliah bahasa Tagalog di bawah program Studi Etnis Amerika lebih awal.

Sedangkan Bahasa Indonesia tercatat diajarkan dibeberpa universitas yang diantaranya di University of Washington, Yale University, Cornel University, University of Michigan, University of Hawaii di Manoa, dan Ohio University.

0 Komentar