Terletak di Berbagai Daerah, Inilah 8 Gunung Tertinggi di Indonesia

Terletak di Berbagai Daerah, Inilah 8 Gunung Tertinggi di Indonesia
Terletak di Berbagai Daerah, Inilah 8 Gunung Tertinggi di Indonesia/ Istimewa
0 Komentar

Negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, memiliki pegunungan yang tersebar di hampir seluruh wilayahnya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak di dunia. Dilaporkan bahwa terdapat ratusan gunung yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kenyataannya, keberadaan gunung di Indonesia tidak terjadi secara kebetulan. Hal ini disebabkan oleh dua jalur pegunungan dunia, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania, yang menjelajah wilayah Indonesia. Kehadiran banyak gunung di Indonesia memberikan kesempatan bagi para pendaki gunung untuk mengeksplor keindahan alam Indonesia.

Namun, tahukah kamu apa saja daftar gunung tertinggi di Indonesia? Mari kita cari tahu bersama dalam artikel ini.

  1. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya Wijaya, yang sering disebut sebagai gunung Carstensz Pyramid dan terletak di Provinsi Papua. Gunung ini terkenal karena memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut, sehingga dianggap sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Selain itu, Puncak Jaya juga termasuk dalam daftar tujuh puncak atau 7 gunung tertinggi di dunia, berkat ketinggiannya yang luar biasa.
  2. Gunung tertinggi lainnya di Indonesia juga terletak di Papua, yaitu Puncak Mandala, dengan ketinggian sekitar 4.760 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di wilayah pegunungan bintang di timur Papua dan berdekatan dengan perbatasan Papua Nugini. Puncak Mandala memiliki kesamaan dengan Puncak Jaya Wijaya, yaitu masih ditutup oleh gletser karena terletak di wilayah pegunungan Jaya Wijaya. Namun, pemanasan global yang mengecewakan telah menyebabkan menurunnya jumlah gletser di kawasan ini, bahkan ada yang sudah hilang. 
  3. Gunung tertinggi berikutnya di Indonesia adalah Gunung Puncak Trikora, yang terletak di provinsi Papua. Gunung ini terletak di wilayah Papua Barat dan memiliki ketinggian mencapai 4.750 meter di atas permukaan laut. Gunung Trikora memiliki jalur pendakian yang menjejali beberapa kawasan hutan, seperti Taman Nasional Lorents atau Hutan Montane.
  4. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya, yang terletak di wilayah Jambi, antara Provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Dengan ketinggian mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut, Gunung Kerinci adalah puncak tertinggi di Sumatera dan masuk dalam daftar 5 gunung tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci juga memiliki Taman Nasional Kerinci di sekitarnya, yang menjadi habitat terakhir harimau dan badak Sumatera.
  5. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya, dengan ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan seperti Gunung Kerinci, Gunung Rinjani juga merupakan gunung berapi yang masih aktif. Salah satu daya tarik Gunung Rinjani adalah danau kawah atau kaldera berwarna biru yang memiliki luas sekitar 3.500 x 4.800 meter. Di puncak Gunung Rinjani juga terdapat obyek wisata Taman Nasional Gunung Rinjani.
  6. Gunung Latimojong adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dengan ketinggian mencapai 3.478 mdpl. Berbeda dengan gunung-gunung lainnya, puncak gunung ini tidak terjal atau memanjat, melainkan datar dan dikenal dengan sebutan Bulu Rante Mario. Gunung Latimojong menjadi gunung tertinggi di Pulau Sulawesi.
  7. Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Slamet, sebuah gunung api aktif yang terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.428 mdpl. Gunung Slamet menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah dan termasuk gunung yang populer setelah Gunung Semeru di Pulau Jawa. Selain itu, Gunung Slamet terbentang di wilayah lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Pemalang, Tegal, Purbalingga, Banyumas, dan Brebes.
  8. Gunung Sumbing adalah gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.371 mdpl. Gunung ini terletak di tiga wilayah yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Sumbing sering dianggap sebagai bentangan alam gunung kembar dengan Gunung Sindoro, karena berdekatan seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Gunung ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan juga banyak menjadi lokasi pendakian bagi para pendaki gunung.
0 Komentar