Liburan Seru Bersama Keluarga di Pondok Halimun Sukabumi

Liburan Seru Bersama Keluarga di Pondok Halimun Sukabumi
Liburan Seru Bersama Keluarga di Pondok Halimun Sukabumi/ Istimewa
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Pondok Halimun di Sukabumi, Jawa Barat, merupakan tempat wisata alam yang terkenal sejak zaman dahulu. Berbeda dengan Pondok Halimun di Bogor, lokasi ini cocok untuk liburan keluarga yang ingin menikmati alam. Anak-anak dapat menikmati udara sejuk dan bermain dengan kegiatan yang sudah disediakan oleh pengelola.

Dahulu kawasan ini adalah hutan belantara, namun kini telah dikembangkan menjadi tempat wisata dengan banyak fasilitas, terutama untuk kedamaian. Pengunjung dapat memilih lokasi untuk mendirikan tenda di area yang luas. Pondok Halimun di Sukabumi menjadi destinasi populer bagi mereka yang ingin berkemah di tengah alam.

Rute Menuju Pondok Halimun

Pondok Halimun terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya di perbatasan desa Perbawati dan Sudajaya Girang, di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga:Mencari Damai di Tepi Campuhan Bali: Tempat Wisata Terfavorit!Mengunjungi Destinasi Wisata Terfavorit Saat Libur Lebaran!

Rute menuju Pondok Halimun Sukabumi dari pusat kota berjarak sekitar 12 km, melewati kantor Polres Sukabumi Kota dan gedung Juang ’45. Di sebuah pertigaan, belok kiri dan Anda akan menemukan gapura bertuliskan “Welcome to Gerbang Halimun”.

Jalanan di depan tidak terlalu lebar, jadi mungkin akan sedikit menantang jika Anda mengendarai mobil dan harus berpapasan dengan kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan. Meski demikian, mobil masih bisa lewat.

Saat Anda terus berkendara, Anda akan merasakan udara yang lebih sejuk dan melihat rimbunnya pepohonan di sepanjang jalan. Anda juga akan melewati perkebunan teh yang menjadi tempat bagus untuk selfie.

Tiket Masuk

Ketika memasuki kawasan Pondok Halimun Sukabumi, pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk dengan tarif yang berbeda-beda, yaitu:

Mobil sedan/jeep dikenakan biaya Rp. 20.000 perunit.
Pejalan kaki dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000 per orang.
Sepeda motor dikenakan biaya Rp. 8.000 per unit.
Minibus dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000 perunit.
Sedangkan untuk bus, tarifnya sebesar Rp. 135.000 perunit.

Daya Tarik Pondok Halimun 

  1. Area Berkemah Sejak lama, para pecinta alam sering menggunakan Pondok Halimun Sukabumi sebagai tempat berkemah dan menikmati keindahan alam dengan teman-teman mereka. Ada beberapa bumi perkemahan di sekitar area ini seperti Bumi Perkemahan Elang Jawa, Bumi Perkemahan Cipelang, dan Bumi Perkemahan Pondok Halimun Sukabumi yang lokasinya dekat satu sama lain. Dikelilingi oleh pohon-pohon yang lebat, suasana alam yang asri, dan udara yang sejuk membuat tempat ini sangat cocok untuk berkemah. Area berkemah di sini juga sangat luas, sehingga bisa melakukan berbagai kegiatan seru saat menghabiskan malam. Ketinggian Pondok Halimun Sukabumi sekitar 1.000 mdpl membuat udara malamnya sangat sejuk dan di pagi hari kamu akan disambut dengan kabut yang indah.
  2. Bermain di Air Pondok Halimun Sukabumi memiliki aliran Sungai Cipelang yang bersih dan dangkal, sehingga anak-anak bisa bermain air dengan aman. Tapi, perlu selalu memperhatikan mereka. Sungai ini dihias oleh batu-batu berukuran berbeda yang menyenangkan untuk dimainkan. Kamu juga bisa menyejukkan diri di air pegunungan yang jernih dan segar. Di sekitar sungai terdapat penjual tikar yang menyewakan tikar dengan harga Rp. 10.000 sehingga anda bisa bersantai di tepi sungai. Selain itu, kamu juga bisa mencoba keseruan River Tubing yang akan dibimbing oleh pemandu profesional.
  3. Curug Cibeureum Curug Cibeurem terletak di kawasan Gunung Gede-Pangrango dengan ketinggian sekitar 1.625 mdpl dan ketinggian curugnya sekitar 60 meter. Aliran airnya mengalir melalui tebing tinggi yang dihiasi oleh pohon-pohon di sekitarnya, dan suasana sekitarnya yang sangat asri. Setelah menempuh perjalanan trekking yang melelahkan, tempat ini pasti akan memuaskan.
  4. Terdapat berbagai macam pilihan aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di Pobjek wisata ini, termasuk salah satunya adalah menelusuri kebun yang telah dilalui saat menuju ke lokasi tersebut. Kebun teh tersebut termasuk dalam area PTPN VIII, yang memungkinkan wisatawan untuk bersantai dan mengabadikan momen dengan berfoto di tengah Hamparan kebun teh yang menenangkan.
0 Komentar