Apakah Kosmetik Vegan Halal? Simak Penjelasan MUI!

kosmetik vegan halal
Foto: Freepik
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Maraknya gaya hidup vegan pada saat ini tidak hanya sebatas makanan saja, ada juga kosmetik yang menggunakan bahan vegan. Kosmetik vegan menggunakan bahan nabati, tanpa adanya unsur hewani di dalamnya, apakah sudah pasti halal?

Vegan sendiri merupakan sebuah gaya hidup yang membiasakan diri menggunakan produk yang hanya berasal dari tumbuhan. Hal ini didasari dari gaya hidup vegan yang menentang eksploitasi pada hewan, termasuk memakan serta menggunakan produk yang berasal dari hewan.

Namun, Raafqi Ranasasmita juga menyebutkan bahwa kosmetik vegan belum tentu halal, sebagaimana pada proses pembuatan kosmetik tersebut yang bisa saja memasukan unsur haram. Seperti pada saat pemerosesan pembuatan, mungkin saja menggukanan bahan yang difermentasi, ataupun enzim hewani yang masih tidak jelas mengenai kehalalannya.

Baca Juga:Ramai di Tiktok: Jemur Kasur, Kasurnya Malah Pindah SendiriInfo Loker Sukabumi Lulusan SMA/SMK Terbaru – 7 April – 2

Selain itu juga, adanya unsur alkohol atau etanol yang terkandung dalam yang memiliki fungsi tertentu. Untuk penggunaan kosmetik yang memiliki unsur alkohol atau etanol, MUI sudah mengaturnya pada Fatwa MUI Nomor 11 Tahun 2018 tentang Produk Kosmetik yang Mengandung Alkohol/Etanol.

MUI juga telah mengeluarkan fatwa mengenai kehalalan produk kosmetik melalui Fatwa MUI Nomor 26 Tahun 2013 tentang Standar Kehalalan Produk Kosmetik dan Penggunaannya.

0 Komentar