Kapan Sidang Isbat Lebaran 2023 Dilakukan? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Kapan Sidang Isbat Lebaran 2023 Dilakukan
Kapan Sidang Isbat Lebaran 2023 Dilakukan (Foto : Pixabay)
0 Komentar

 

Muhammadiyah sudah meneuntukan kapan Lebaran 2023, sementara Pemerintah dibawah Kementrian Agama masih menunggu keputusan sidang Isbat.

 Jadi, kapan Sidang Isbat Lebaran 2023 akan dilakukan oleh Kemenag?

Murujuk KBBI, sidang Isbat adalah istilah dari sidang yang dilakukan untuk menentukan awal bulan dalam kalender hijriah.

Biasanya, sidang ini digelar untuk menentukan tanggal-tanggal perayaan besar Islam, seperti awal Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri , dan Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga:Lebaran Sebentar Lagi, Ini Jadwal Libur Sekolah Lebaran 2023 TerbaruKasus Covid-19 Kembali Menyebar, Ini Jumlah Kasus Penyebarannya di Seluruh Provinsi di Indonesia

Sidang Isbat digelar oelh Kementerian Agama (Kemenag) RI dengan melibatkan sejumlah pihak. Antara lain Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR RI, hingga perwakilan ormas-ormas Islam.

Sama seperti sidang Isbat dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga akan digelar pada 29 Ramadhan. Secara spesifik, sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2023 akan dilaksanakan pada hari Kamis, 20 April 2023.

“Insya Allah tanggal 29 Ramadhan atau 20 April,” Ucap Rirektur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin. Pada Selasa, 11 April 2023.

Sidang Isbat yang dilakukan tahun sekarang akan mengambil tempat di lokasi yang sama, yaitu di Gedung Kementerian Agama (Kemenag) di Jl. M. H. Thamri Nomor6, Rt. 2 Rw. 1, Kebun Sirih, Jakarta Pusat.

 

0 Komentar