Kapan Sidang Isbat Lebaran 2023 Dilakukan? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Kapan Sidang Isbat Lebaran 2023 Dilakukan
Kapan Sidang Isbat Lebaran 2023 Dilakukan (Foto : Pixabay)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Lebaran 2023 tinggal menghitung hari, Penetapan kapan tanggal 1 Syawal oleh Kementerian Agama (Kemenag) biasanya dilakukan dengan menggelar Sidang Isbat. Jadi kapan Sidang Isbat Lebaran 2023?

Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023 belum ditetapkan, pemerintah perlu menggelar Sidang Isbat untuk memastikan kapan jatuhnya tanggal 1 Syawal.

Sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2023, Hari Raya Idul Fitri 1444 H jatuh pada tanggal 22-23 April 2023.

Baca Juga:Lebaran Sebentar Lagi, Ini Jadwal Libur Sekolah Lebaran 2023 TerbaruKasus Covid-19 Kembali Menyebar, Ini Jumlah Kasus Penyebarannya di Seluruh Provinsi di Indonesia

Namun dalam kalender Masehi, tanggal Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal masih berpotensi berubah dengan menunggu hasil sidang Isbat Kemenag.

Tanggal 1 Syawal di Indonesia biasanya memiliki dua versi, yang pertama versi dari Pemerintah Indonesia yaitu Kementerian Agama, dan yang kedua dari Muhammadiyah. Simak penjelasannya!

Sama seperti tahun sebelum-sebelumnya, penentuan kapan Lebaran akan berdasarkan pada hasil penentuan di Sidang Isbat yang akan digelar menjelang Syawal atau tepatnya pada 29 Ramadhan.

Keputusan tersebut nantinya akan diambil dari informasi awal berdasarkan hasil hisab atau perhitungan secara astronomi.

Hasil hisab tersebut kemudian akan dikonfirmasi lagi lewat hasil lapangan melalui mekanisme pemantauan (Rukyatul) Hilal.

Dalam penentuan 1 Ramadhan kemarin, pemerintah menggunakan kriteria yang mengacu pada kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) 2021.

MABIMS yang merupakan kumpulan Menteri Agama dari negara Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura gunanya untuk mengusahakan unifikasi kalender Hijriah. Kriteria tersebut di Indonesia baru diterapkan pada tahun 2022 lalu.

Baca Juga:Disiapkan Untuk Pemudik, Tiga Ruas Tol Baru di Jawa Barat Siap Dipakai Untuk Arus MudikSuami Iis Dahlia Klarifikasi Masalah Devano Danendra

Lebaran 2023 Menurut Muhammadiyah

Pemimpin Pusat (PP) Muhammadiyah sudah mengumumkan kapan Hari Raya Idul Fitri 2023 atau 1 Syawal 1444 H melalui hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H pada Februari lalu.

Hasilnya, Muhammadiyah menetapkan Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023. Penentuan tersebut didasarkan pada posisi geometris benda-benda langit seperti matahari, bumi, dan bulan.

0 Komentar