Kapan Hari Raya Idul Fitri 2023 Menurut Kemenag? Simak Waktunya!

Kapan Hari Raya Idul Fitri 2023 Menurut Kemenag Simak Waktunya!
Kapan Hari Raya Idul Fitri 2023 Menurut Kemenag Simak Waktunya!/ Istimewa
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Kapan hari raya Idul Fitri 2023 menurut kemenag? Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi kita selaku umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 hijriah. Hal ini karena puasa Ramadhan telah memasuki minggu-minggu terakhir menuju hari Raya idul Fitri.

Pada minggu terakhir puasa ini banyak masyarakat yang sudah mudik untuk merayakan hari Raya idul Fitri di kampung halamannya masing-masing, lantas kapan hari raya Idul Fitri 2023 menurut kemenag?

Sidang Isbat memiliki fungsi yang sangat penting dalam menentukan awal bulan Hijriyah dan bulan Ramadhan. Melalui sidang ini, pemerintah dan lembaga terkait dapat memastikan tanggal 1 Muharram sebagai awal tahun Islam baru serta menentukan tanggal awal puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang sesuai dengan perhitungan astronomi dan syariat Islam. Dalam sidang Isbat, para ulama, astronomi, dan pemerintah berkumpul untuk mempelajari dan membahas berbagai aspek terkait biaya pada tanggal tersebut. Dengan demikian sidang Isbat berfungsi sebagai jembatan penghubung antara ilmu astronomi dan syariat Islam dalam menentukan tanggal-tanggal penting dalam kalender Islam yang digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia.

0 Komentar