Cara Bikin Ketupat Lebaran 30 Menit Aja! Yuk Praktikan di Rumah

Cara Bikin Ketupat Lebaran 30 Menit Aja! Yuk Praktikan di Rumah
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Berapa umumnya waktu yang dibutuhkan dalam membuat ketupat? 1-2 jam atau lebih, lupakan. Kini ada cara bikin ketupat lebaran 30 menit saja, layak kalian praktikan di rumah untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Ketupat atau kupat sudah menjadi hidangan paling utama dan andalan masyarakat Indonesia ketika lebaran Idul Fitri tiba. Rasanya belum bisa disebut lebaran apabila kelawatan menyantap makanan ini.

Faktanya kupat terbuat dari beras sebagai bahan dasar, yang dimasak dalam wadah berbentuk segiempat. Nah wadah segiempat itu dibuat dari anyaman janur atau daun kelapa yang masih muda.

Baca Juga:Efek 2 Pemain Baru Jadi Kunci Alter Ego Ares Juara PMSL 2023?Spek Juara Harga Bersahabat, Best 6 HP April 2023 buat Lebaran Rp3jutaan

Membuat ketupat sebagai tradisi masyarakat Indonesia dalam rangka menyambut lebaran Idul Fitri terasa spesial. Ada kesenangan tersendiri di benak banyak orang khususnya kala menganyam ketupat.

Untuk menghasilkan ketupat bercitarasa lezat nan pulen tidak bisa sembarangan sehingga memerlukan banyak waktu ketika membuatnya. Umumnya waktu minimal yang dibutuhkan supaya kupat matang sempurna adalah satu hingga dua jam.

Baca juga: Aneka Resep Sayur Lodeh untuk ‘Teman’ Ketupat Lebaran Idul Fitri

Kendati begitu, bikin ketupat dalam tempo singkat terutama di rumah tetap bukan hasil mustahil. Sudah hadir lho resep praktis ketupat lebaran 30 menit sebagaimana dilansir dari PR FM News.

Waktu sebentar dalam resep ketupat dengan hanya memerlukan 30 menit ini pun diklaim anti gagal. Selain itu keuntungan lainnya dari resep ini yakni menghemat tenaga dan gas di rumah kalian.

Bahkan dengan membuatnya di rumah, kita bisa lebih hemat biaya serta kebersihan bahan makanannya pun lebih terjamin pastinya.

Simak cara pembuatan resep ketupat 30 menit yang cocok dipraktikan di rumah berikut ini. Jikalau perlu pula siapakan kertas/buku lalu catat bahan-bahan serta step-nya.

Bahan ketupat lebaran 30 menit:

– Kulit ketupat (10 buah)

– Beras (lima liter)

– Air secukupnya

Cara membuat ketupat lebaran 30 menit:

1. Masukkan beras 3/4 dari ruang ketupat. Ikat ketupat supaya mudah mengangkatnya.

Baca Juga:Dalam Negeri Rasa Luar Negeri, 7 Tempat Wisata Terbaik Bandung 2023Bikin Betah & Lupa Pulang, 4 Tempat Wisata di Lembang Ini Wajib Dikunjungi

2. Masukkan ke wajan berisi air mendidih. Tutup, lalu didihkan selama 15 menit.

0 Komentar