Tips Opor Ayam Supaya Tak Mudah Basi Saat Lebaran

Tips Opor Ayam Supaya Tak Mudah Basi Saat Lebaran
Tips Opor Ayam Supaya Tak Mudah Basi Saat Lebaran. Foto Pixabay
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Opor ayam seakan – akan sudah menjadi hidangan wajib yang disajikan pada saat Lebaran. Karena kuahnya yang menggunakan santan, opor ayam ini mudah basi. Bagaimana biar tidak cepat basi? Ada banyak tips opor ayam supaya tak mudah basi.

Opor ayam biasanya disantap bersama potongan ketupat, sambal goreng kentang, dan taburan bawang goreng. Kuah santannya terasa begitu gurih.

Sayangnya tidak semua orang pandai memasak opor ayam yang enak dan empuk untuk hidangan Lebaran.

Baca Juga:Makna, Lirik dan Terjemah Lagu ‘AMYGDALA’ Agust D (Suga BTS)Cuma 3 Jutaan! Nokia T21, Tablet yang Punya Berbagai Sertifikasi

Banyak orang yang membuat opor ayam jadi mudah basi, padahal masih ingin disantap dihari esok. Terdapat banyak tips supaya opor ayam nya awet dan tidak mudah basi.

Opor ayam tak boleh dipanaskan berulang kali,  karena sajian ini dibuat dari campuran santan. Hal seperti itupun berlaku untuk masakan rendang.

Santan merupakan bahan yang termasuk dalam kategori lemah baik. Santan kelapa mengandung asam lemak dan triliserida yang mudah dibakar oleh tubuh.

Namun, jika dipanaskan atau dihangatkan berulang kali, lemak pada santan tersebut akan berubah menjadi lemah jenuh.Lemah jenuh ini bisa meningkatkan kadar kolesterol tinggi yang jahat dan akan berpengaruh buruk untuk tubuh. Setelahnya hal ini bisa mengakibatkan resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah bahkan sampai penyakit jantung. Agar opor tidak membahayakan kesehatan tubuh, masakan tersebut hanya boleh dipanaskan maksimal tiga kali saja.Selain dipanaskan, ada lagi cara agar masakan opor maupun rendang tidak gampang basi.

Opor akan tahan dalam kulkas selama tiga hari, tetapi dengan catatan jangan sering membuka tutup kulkas kalian supaya suhu di kulkas tetap stabil.

Taruh Dalam Plastik Rapat dan Tipis

0 Komentar