5 Manfaat Puasa Syawal Salah Satunya Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Puasa Syawal atau puasa 6 hari setelah lebaran biasanya dilakukan oleh sejumlah umat muslim
Sumber gambar: Freepik
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES- Puasa Syawal atau puasa 6 hari setelah lebaran biasanya dilakukan oleh sejumlah umat muslim. ternyata ada beberapa manfaat puasa syawal untuk anda.

Manfaat puasa Syawal yang pertama ialah mendapatkan pahala berlipat ganda, yaitu seperti menjalankan puasa selama setahun.

Dilansir dari laman Nahdatul Ulama (NU), keutamaan tersebut seperti yang tercantum dalam sebuah hadist berikut ini, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:Simak Spesifikasi Laptop Gaming Terbaru MSI Cyborg 15 A12VF Pakai RTX 4060

Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama enam hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun.” (HR.Muslim)

Manfaat Puasa Syawal

1. Mendapatkan Pahala Berlipat

Puasa Syawal dikerjakan selama enam hari dibulan Syawal. Lebih tepatnya satu hari setelah hari raya Idul Fitri. Bagi umat islam yang mengerjakan ibadah sunah ini maka pahala yang diterimanya akan berlipat ganda.

Sebagaimana yang ada dalam sebuah hadist sebagai berikut:

Barang siapa berpuasa enam hari setelah Hari Raya Idul Fitri maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan maka sepuluh kebaikan semisal).” (HR.Ibnu Majah)

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Manfaat puasa Syawal berikutnya ialah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setiap muslim yang mengerjakan puasa Syawal selama enam hari, maka mendapat tempat mulia di sisi Allah.

Bukan hanya itu saja, bau mulut orang berpuasa juga dikatakan lebih harum di sisi Allah Swt. dibanding dengan minyak kasturi sekalipun.

Keutamaan ibadah puasa sunah Syawal ini ditegaskan pula dalam satu di antara hadis Qudsi sebagai berikut:

Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu).” Kemudian, Rasulullah melanjutkan, “Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi.” (HR. Muslim).

Baca Juga:Info Loker Sukabumi Lulusan SMA/SMK Terbaru! 26 April – 1Petugas Gabungan Edukasi Masyarakat Bersih-bersih Pantai

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa Syawal juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan saat seseorang menahan rasa lapar selama puasa, maka akan memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang dapat menghindarkan dari infeksi.

0 Komentar