Harga Telur Ayam dan Cabai Naik

Harga Telur Ayam dan Cabai Naik
0 Komentar

JL SURYAKENCANA,SUKABUMIEKSPRES – Harga Telur Ayam dan Cabai Naik, Harga sejumlah komoditas di Kota Sukabumi masih berfluktuasi hampir sebulan pasca-Idulfitri 1444 Hijriah. Beberapa di antaranya bahkan harganya terpantau naik.

Data Dinas Koperasi Usaha Kecil Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) setempat, komoditas yang terpantau naik yakni telur ayam yang saat ini naik di kisaran Rp30 ribu per kg serta cabai rawit hijau yang semula kisaran Rp35 ribu naik menjadi Rp40 ribu per kg.

Selain itu terdapat juga cabai merah besar lokal yang naiknya sekitar Rp15 ribu per kg atau dari Rp40 ribu menjadi Rp55 ribu per kg. Begitu juga dengan cabai keriting merah semula Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu per kg, dan cabai merah besar TW yang saat ini di kisaran Rp40 ribu per kg.

Baca Juga:Bupati Yakin Tol Bocimi Bisa Dongkrak Pariwisata SukabumiRaih WTP 9 Kali Berturut-turut

“Pekan ini komoditas yang harganya cenderung naik yakni telur ayam dan beberapa komoditas cabai,” ujar Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki, kepada wartawan, kemarin (10/5).

Penaikan harga telur ayam, kata Rifki, sudah terjadi sejak lima hari terakhir. Naiknya terjadi secara bertahap. Pada Jumat (5/5) harganya kisaran Rp29 ribu. Sekarang naik jadi Rp30 ribu per kg.

“Tapi hasil pemantauan hari ini di Pasar Pelita dan Tipar Gede komoditas telur dan ayam belum ada perubahan harga,” kata Rifki.

Penyebab naiknya harga telur ayam disebabkan peternak telur belum memasuki masa panen. Kondisi itu mengakibatkan pasokan berkurang.

“Kalau cabai sebetulnya lebih dipicu faktor kondisi cuaca,” jelasnya.

Sementara untuk komoditas lainnya hingga saat ini masih tergolong normal. Di antaranya beras, minyak goreng, garam, terigu, bawang putih dan merah, daging ayam broiler serta gula pasir.(ist)

0 Komentar