Mobil Larasita Harus Layani Masyarakat Urus Sertifikat Tanah

Mobil Larasita Harus Layani Masyarakat Urus Sertifikat Tanah
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMIEKSPRES – Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami meluncurkan mobil Layanan Rakyat Untuk Sertifikasi Tanah (Larasita) di halaman salah satu hotel berbintang di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi, Rabu (17/5).

Mobil itu merupakan layanan jemput bola yang bisa digunakan mendatangi masyarakat yang akan memproses sertifikat tanah di berbagai wilayah di Kota Sukabumi.

“Saya mengapresiasi inovasi-inovasi yang sudah dan akan diluncurkan Kementerian ATR/BPN. Inovasi tersebut akan sangat membantu percepatan pertumbuhan ekonomi,” ujar Andri dalam sambutannya.

Baca Juga:Calon Jemaah Haji Didominasi LansiaPeringatan Dini Gelombang Tinggi di Selatan Sukabumi

Dengan diluncurkannya mobil Larasita, kata Andri, diharapkan Kantor Pertanahan ATR/BPN Kota Sukabumi lebih bersemangat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pola jemput bola diharapkan juga bisa mempercepat pelayanan dan mengurangi beban biaya masyarakat.

“Luar biasa, BPN Kota Sukabumi banyak meluncurkan inovasi pelayanan yang bisa membantu masyarakat, terutama dalam perkembangan ekonomi,” katanya.

Kepala Kantor Pertahanan ATR/BPN Kota Sukabumi Surahman, mengaku banyak hal yang sudah dilakukan Kementerian ATR/BPN mewujudkan visi dan misi yaitu institusi yang berstandar dunia.

Implementasinya dengan menerapkan nilai-nilai melayani, profesional, dan terpercaya yang saat ini sedang melakukan alih media dari data analog ke data digital.

Beberapa layanan yang saat ini sudah dilakukan dengan sistem elektronik yaitu Pendaftaran Hak Tanggungan, Roya, Pengecekan Sertifikat, Informasi Zona Nilai Tanah, serta Surat Keterangan Pendaftaran Tanah. Selain itu, seluruh informasi pertanahan dan tata ruang dapat diakses dengan mengunduh aplikasi Sentuhtanahku, Gistaru, serta pengelolaan administrasi perkantoran melalui aplikasi e-Office: persuratan, tandatangan elektronik, presensi kehadiran, dan lain-lain.

Kantor Pertanahan ATR/BPN Kota Sukabumi juga menambahkan inovasi layanan akses Informasi Larasita, Weekend Service, Pelataran, Lestari, dan Lapis. Diharapkan Kantor Pertahanan ATR/BPN Kota Sukabumi dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah, lembaga vertikal, serta pemangku kepentingan lainnya untuk melayani masyarakat. (rls)

0 Komentar