Ajarkan Siswa Jaga Lingkungan dan Alam

Ajarkan Siswa Jaga Lingkungan dan Alam
0 Komentar

CIANJUR,SUKABUMIEKSPRES – SMAN 1 Cianjur memiliki program menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Programnya sebagai bagian mengimplementasikan upaya reboisasi ataupun penghijauan serta gerakan Citarum Harum yang terus digaungkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala SMAN 1 Cianjur, Agam Suprianta, menjelaskan upaya mendukung kelestarian alam dan lingkungan melibatkan siswa kelas XI. Salah satunya menggiatkan penanaman pohon untuk mencegah degradasi lingkungan serta pemanasan global.

“Program sekolah dalam rangka penghijauan ataupun mendukung program Citarum Harum, kami punya yang namanya Smansa Hejo Citarum Harum atau SHCH. Ini melibatkan anak-anak siswa kelas XI,” kata Agam, belum lama ini.

Baca Juga:Restorasi Arsip Bantu Pemulihan Data akibat Bencana AlamDPRD Agendakan Cek Lokasi

Para siswa tersebut diikutsertakan menanam pohon baik di lingkungan sekolah maupun di beberapa lokasi lain. Salah satunya di Wanawisata Pokland di Desa/Kecamatan Haurwangi.

“Kami menanam sebanyak 1.500 bibit pohon di lingkungan sekolah maupun di kawasan Pokland. Gerakan menanam pohon dilakukan sesuai dengan program Dinas Kehutanan Jawa Barat Wilayah IV yang ada di Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini rutin dilakukan yakni Jumat Menanam,” terang Agam.

Kepedulian SMAN 1 Cianjur terhadap pelestarian lingkungan mendapat apresiasi dari Pemprov Jabar. Pada kegiatan Pasar Leuweung di Wanawisata Pokland pada Minggu (14/5), SMAN 1 Cianjur mendapat penghargaan sebagai sekolah yang mendukung gerakan menanam dan memelihara pohon di lahan-lahan kritis.

“Jadi pada momen itu (Pasar Leuweung), Dinas Kehutanan Jawa Barat memberikan penghargaan kepada para pegiat lingkungan, salah satunya SMAN 1 Cianjur. Kami dinilai berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan di DAS Citarum,” jelas Agam.

Agam menjelaskan penghargaan bukan merupakan target utama. Aksi yang dilakukan SMAN 1 Cianjur semata-mata ingin menjaga alam dan lingkungan di tengah ancaman potensi bencana maupun pemanasan global.

“Partisipasi siswa kami dikemas dalam proyek Sekolah Penggerak Gaya Hidup Berkelanjutan,” kata Agam.

Bagi Agam upaya menjaga kelestarian lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, tapi semua pihak, termasuk kalangan pelajar. Karena itu, sebut Agam, SMAN 1 Cianjur mengedukasi anak didiknya serta mempraktikkannya di lapangan.

0 Komentar