Komisi II DPR Pantau Kesiapan Pemilu Serentak

Komisi II DPR Pantau Kesiapan Pemilu Serentak
0 Komentar

JL R SYAMSUDIN SH,SUKABIMIEKSPRES – Komisi II DPR RI memantau kesiapan Kota Sukabumi melaksanakan Pemilu serentak, kemarin (24/5). Pemantauan dilakukan dengan menyambangi Balai Kota untuk bertemu dengan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dengan agenda Kunjungan kerja spesifik.

“Pemkot Sukabumi telah melakukan sejumlah langkah menghadapi Pemilu 2024,” ujar Fahmi dalam sambutannya, kemarin.

Pada kesempatan itu Fahmi menyampaikan langkah Pemkot Sukabumi menghadapi Pemilu. Di antaranya dukungan sosialisasi pelaksanaan pemilu, anggaran, sumber daya manusia, hingga sarana prasarana.

Baca Juga:Wali Kota Sukabumi Luncurkan P2RW di Kecamatan CikoleHaris Azhar dan Fatia Maulidiyanti Tantang Luhut Hadiri Sidang

Kesiapan pun dilakukan dengan berkoordinasi bersama penyelenggara Pemilu berupa rakor persiapan dengan KPU dan Bawaslu serta monitoring tahapan. Pun soal pendataan, Disdukcapil Kota Sukabumi melakukan sinkronisasi data kependudukan dengan KPU serta perekaman KTP elektronik.

“Harapannya tentu pelaksanaan Pemilu harus berjalan kondusif seperti Pemilu sebelumnya,” tegasnya.

Beberapa perangkat daerah terlibat langsung menghadapi Pemilu nanti. Seperti sosialisasi pemilu bersama KPU dan Bawaslu melalui pendidikan politik yang digagas Badan Kesbangpol.

Saat ini di Kota Sukabumi sudah dibentuk Kecamatan Peduli Pemilu. Lokasinya berada di Kecamatan Cikole, Baros, Citamiang, dan Cibeureum. Menyusul kemudian wilayah lain.

“Nanti akan dibentuk juga Kelurahan Peduli Pemilu,” terangnya.

Pemkot Sukabumi juga sudah memetakan potensi masalah dan upaya mengantisipasinya. Di antara soal berita bohong atau hoaks maupun politik uang.

“Kita harus meminimalkan sejak dini potensi masalah ini. Kolaborasi terus kami jalin dengan baik antara pemerintah daerah, TNI/Polri, KPU, maupun Bawaslu. Ini semata-mata untuk mengantisipasi potensi masalah agar tahapan Pemilu bisa berjalan dengan lancar, aman, dan tertib,” tegasnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin mengatakan, kunjungannya ke Kota Sukabumi membahas hal penting terkait persiapan Pemilu 2024. Saat ini berbagai tahapan Pemilu sudah berjalan.

Baca Juga:Kritik Anies Bandingkan Jokowi dan SBY Dimentahkan TGB Zainul MajdiEks Kader Nasdem dan Tokoh Jurnalistik Gabung PSI

“Kami datang ke Kota Sukabumi untuk mengetahui kesiapan menghadapi Pemilu serentak 2024,” kata Yanuar.

Yanuar mengapresiasi berbagai upaya yang sudah dilakukan pemerintah daerah maupun KPU dan Bawaslu serta elemen lainnya menghadapi Pemilu 2024. Termasuk upaya memetakan potensi masalah berikut antisipasinya.

0 Komentar