Pemkot Sukabumi Ingin Maksimalkan Potensi Sektor Perikanan

Pemkot Sukabumi Ingin Maksimalkan Potensi Sektor Perikanan
0 Komentar

JL CEMERLANG,SUKABUMIEKSPRES – Pemkot Sukabumi Ingin Maksimalkan Potensi Sektor Perikanan, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri pelatihan keterampilan kerja budidaya perikanan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, kemarin (30/5).

Seperti diketahui, perikanan merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang miliki Kota Sukabumi.

“Kita harus bersyukur, Sukabumi memili potensi yang tidak dimiliki daerah lain dalam hal potensi sumber daya alam cukup baik untuk perikanan,” ujar Fahmi.

Baca Juga:Puluhan Saksi Sudah Diperiksa Soal Tewasnya Pelajar SDP2RW Dorong Percepatan Penuntasan Kawasan Kumuh dan Rutilahu

Potensi tersebut harus bisa dimanfaatkan menjadi peluang. Terutama bagi generasi muda yang harus bisa menjadi kreator menciptakan lapangan kerja.

“Kegiatan ini tentu menjadi bagian untuk merangsang generasi muda. Mereka bisa mendapatkan ilmu dan motivasi.
Sesulit-sulitnya pekerjaan, kalau dikerjakan akan selesai,” tegas Fahmi.

Pelatihan rencananya akan dilaksanakan semalam dua hari ini. Fahmi berpesan kepada para peserta bisa memanfaatkan pelatihan dengan sebaik-baiknya, terutama menyerap ilmu perikanan.

Para peserta dibekali materi budi daya perikanan, sarana produksi perikanan bibit pakan, pendampingan teknis, dan monitoring berkala.

“Mindset juga harus diubah dari berorientasi ekploitasi SDA jadi efisiensi dan transformasi dari akses pasar terbatas menjadi akses tanpa batas,” jelasnya.

Hasil survei menyebutkan, pelaku perikanan sekitar 52 persen merupakan lulusan SMA. Sisanya merupakan sarjana.

“Namun untuk lulusan perguruan tinggi jarang yang mau menggeluti sektor perikanan. Padahal, peluangnya sangat baik,” pungkasnya. (rls)

0 Komentar