Anies Dikalahkan Prabowo dan Ganjar di Sejumlah Survei

Anies Dikalahkan Prabowo dan Ganjar di Sejumlah Survei
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES— Anies Dikalahkan Prabowo dan Ganjar di Sejumlah Survei, Mantan Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengatakan, ada skenario untuk selalu menempatkan Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan pada urutan ketiga bahkan jauh dari yang lain.

Dia menyarankan masyarakat tak sembarang mempercayai lembaga survei. Karena menurutnya ada lembaga survei yang tidak kredibel.

BACA JUGA: Bujuk Demokrat Tinggalkan Anies, Istana Beri Tawaran Menggiurkan ke AHY

Baca Juga:MUI Pelototi Aktivitas Rentenir di CiambarMobil Elf Masuk Jurang saat Ditinggal Pemilik Beli Rokok

“Tetapi seperti yang saya kemukakan kalau kita bicara tentang hasil polling yang dilakukan, Karni Ilyas sangat kredibel, begitu juga CNBC. Itu satu lembaga jurnalis yang sangat kredibel kedua lembaga ini belum bagi hasil polling,” tuturnya dalam keterangannya, Selasa, (6/6/2023).

Sosiolog ini memaparkan, lembaga survei ini menempatkan Anies pada posisi yang sangat tinggi dibandingkan lawan-lawan politiknya.

”Jadi kemudian saya juga dikirimi Google Trend 2023 itu, Anies di berbagai daerah itu unggul dan keunggulan itu kita bisa pastikan bukan rekayasa. Karena itu kan mesinnya menghimpun, dan saya kira tidak akan salah,” ungkapnya. 

“Misalnya contoh saja di Aceh Anies memperoleh sekian, itu masuk akal. Sama juga Sumatera Barat, sama juga Jawa Barat, Jawa Timur,” tambahnya.

Dia menduga, ada permainan di lapangan untuk menahan elektabilitasnya Anies yang sesungguhnya tidak diumumkan.

“Dan ini juga yang membuat kita ragu, kalau elektabilitasnya rendah kemudian ada potensi menang ngapain dijegal dengan berbagai instrumen yang diciptakan termasuk upaya untuk mengambil alih Demokrat, ini juga cara untuk melemahkan koalisi perubahan untuk Indonesia,” tandas pria kelahiran Kendari ini. 

Berdasarkan hasil survei SMRC yang dilakukan via wawancara telepon, Bacapres Gerindra Prabowo Subianto dan Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo saling salip.

BACA JUGA: Pendukung Sarankan Anies Tak Terburu-buru Umumkan Bakal Cawapres

Sedangkan Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan terus menurun.

Hal ini berdasarkan survei telepon SMRC terbaru (30-31 Mei 2023).

Baca Juga:Bawaslu Kabupaten Sukabumi Bantah Tuduhan HIPPMAPemkab Terima Audensi PD Muhammadiyah Sukabumi

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, SMRC menemukan elektabilitas Ganjar dan Prabowo masih lanjut saling salip. 

“Sementara elektabilitas Anies terus menurun. Dari sisi kedikenalan, Ganjar masih berpeluang naik. Dari sisi kedisukaan, Anies turun signifikan,” tuturnya dalam keterangannya, Senin, (5/6/2023).

0 Komentar