Manfaatkan Herbal sebagai Obat

Manfaatkan Herbal sebagai Obat
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Manfaatkan Herbal sebagai Obat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi meluncurkan inovasi baru. Namanya Jumat Bugar Bersama Herbal untuk Memelihara Badan Sehat Setiap Hari (Jumbara Menari).

Inovasi ini untuk mengangkat potensi sumber daya tumbuh–tumbuhan atau herbal yang bisa dijadikan obat–obatan. Sehingga ke depan bisa membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Plt Kepala Dinkes Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah, Jumat (16/6).

Ia pun mengharapkan bahwa konsumsi atau manfaatkan herbal bisa dijadikan kebiasaan rutin masyarakat.

Baca Juga:Pelaku UMKM Dilatih Pengelolaan KeuanganPolisi Tangkapi Para Preman

“Memang kalau sebuah inovasi harapannya bisa diadopsi oleh yang lain. Kita punya program, inovasi, kemudian kita sosialisasikan itu nanti menjadi satu kebiasaan masyarakat yang bisa digunakan orang lain. Bahkan bisa menjadi trend setter. Kita kembangkan potensi pariwisata, kita punya alam, kuliner, budaya, dan salah satunya mungkin kita masukkan dalam kuliner, budaya, dan juga kesehatan adalah herbal,” jelasnya.

Subkoordinator Pelayanan Kesehatan Premier Dinkes Kota Sukabumi, Fachrizal, mengungkapkan pada peluncuran Jumbara Menari dikenalkan minuman Wedang Uwuh.

Minuman itu berbahan jahe, kayu manis, kayu secang, dan gula merah.

Ia pun menjelaskan bahwa dalam Jumbara Menari yang dilaksanakan setiap hari Jumat akan dikenalkan racikan herbal lainnya dan masyarakat pun bisa datang ke Kantor Dinkes untuk terlibat dalam kegiatan ini.

“Setiap hari Jumat melakukan Jumbara Menari. Setiap kali insya Allah menunya berbeda–beda. Sekarang Wedang Uwuh nanti teh Bunga Telang dan wedang secang, tergantung permintaan. Sampai hari ini karena kita baru melaksanakan kegiatan ini minggu ke–6, alhamdulillah sudah empat menu yang kami buat,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar