Pasar Kreatif Jabar Wadah bagi Pelaku Ekraf

Pasar Kreatif Jabar Wadah bagi Pelaku Ekraf
0 Komentar

SUKABUMIWEKSPRESGubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengatakan keberadaan Pasar Kreatif Jabar Jawa Barat di kawasan Cikutra, Kota Bandung, menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk unjuk gigi terkait produk otentik khas Jabar kepada masyarakat secara luas.

“Pasar Kreatif Jabar merupakan komitmen kami untuk mendorong peningkatan perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya budaya bagi industri kreatif secara berkelanjutan,” kata Gubernur Ridwan Kamil, seusai menghadiri pembukaan Fashion Show & Helaran pada Kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat – Pekan Kerajinan Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung, Sabtu.

Untuk menyokong itu, Gubernur Ridwan Kamil menyediakan sebuah lahan yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jabar dengan konsep kawasan dan hal tersebut dilakukan agar perputaran ekonomi dapat berlangsung dengan cepat.

Baca Juga:Menhub: Bandara Ewer Strategis Layani Penumpang dan BarangPresiden Sebut Potensi Industri Kreatif di Papua Sangat Besar

“Tempatnya sudah sangat pas, mudah-mudahan sukses. Memang konsepnya harus hidup 24 jam. Kalau mau 24 jam harus ada yang tinggal di sini, makanya (akan ada) tiga lantai. Lantai satu tempat jualan, lantai dua tempat kreativitas, ada studio, kantor, co-working, dan lantai tiga kos-kosan karena di sini banyak universitas. Pasti menyenangkan tinggal di sini,” tutur Ridwan Kamil.

Dia menuturkan pembangunan Pasar Kreatif Jabar akan berlangsung dua tahap. Pada tahap pertama sudah selesai dengan 32 tenan dan 11 booth gerobak.

“Baru tahap satu, sesuai anggarannya nanti diteruskan sampai tahap selanjutnya hingga semuanya nanti 27 kabupaten/kota punya perwakilan merek-merek lokal, yang akhirnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, kita merdeka dari merek asing yang sebenarnya produk lokalnya juga ada,” kata dia.

Keberadaan Pasar Kreatif Jabar menjadi bukti bahwa masyarakat Jawa Barat memang terdepan dalam menuangkan sebuah gagasan dan ide yang menghasilkan produk UMKM unggulan.

Pasar Kreatif Jabar berdiri di atas lahan milik Pemdaprov Jabar dan akan menjadi pusat pemasaran dan pengembangan ekonomi kreatif di Jawa Barat, yang terletak di Jalan Pahlawan, Kota Bandung.

0 Komentar