CPUGGp Jalin Kerjasama dengan BP Geopark Bayah Dome

CPUGGp Jalin Kerjasama dengan BP Geopark Bayah Dome
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Badan Pengelola (BP) Geopark Bayah Dome Provinsi Banten bekerjasama dengan BP Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) dalam pengembangan dan pengelolaan pariwisata ke kelas dunia.

Penandatangan berlangsung di ruang Geopark Information Center (GIC) Citepus, Palabuhanratu. Kamis, (13/07).

BACA JUGA: BP CPUGGp Apresiasi Pembangunan Laska Eco Resort Ciletuh

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri yang juga sebagai Ketua BP CPUGGp mengatakan, kerjasama terjalin dalam rangka peningkatan status Geopark Bayah Dome menjadi pariwisata internasional.

Baca Juga:Ratusan Pejabat Fungsional Pemkab Sukabumi DilantikWali Kota Tutup Diklat Vokasi Angkatan V Pelaku UMKM

“Jejaring ini sangat dibutuhkan baik oleh kita Geopark Ciletuh maupun Geopark Bayah Dome. Apalagi Geopark Bayah Dome dalam hal ini ingin ditetapkan sebagai geopark internasional” Terangnya. 

Terang Iyos,  berbagai bidang kerjasama antara kedua belah pihak ini dilakukan, diantaranya kerjasama bidang penelitian dan pengembangan konsep edukasi, pengembangan konsep muatan lokal kurikulum geopark, pengembangan geodiversity, biodiversity dan cultural diversity.

BACA JUGA: BP CPUGGP Evaluasi Program Kerja Tahun 2022

“Keberhasilan Geopark Ciletuh kita harus diimplementasikan terhadap geopark lain untuk ditetapkan sebagai geopark internasional,” ucapnya. 

Ia memaparkan, salahsatu kunci keberhasilan CPUGGp ditetapkan sebagai pariwisata internasional sejak tahun 2018 silam adalah komitmen dan keingin yang kuat dari pimpinan daerah. 

“Terpenting kita harus yakin untuk membesarkan potensi daerah menjadi kelas wisata kelas dunia,” tegasnya. 

Dia berharap, melalui kerjasama itu bisa meningkatkan kebersamaan geopark secara berkolaborasi guna mendukung Geopark Bayah Dome menjadi pariwisata yang diakui dunia.

“Kami mengapresiasi kepada GeoparkBayahDome yang telah ingin bekerjasama dengan kita dan semoga tujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan dan pengembangan sumberdaya yang dimiliki oleh masing-masing geopark ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat” Pungkasnya. 

Baca Juga:Setiap RW di Nanggeleng Tuntaskan P2RWMUI Kecam Rencana Pertemuan LGBT di Jakarta

Sementara itu, Direktur BP Geopark Bayah Dome Engkap Kapriadi menjelaskan, kerjasama yang dilakukan dengan CPUGGp untuk mempelajari bagaimana keberhasilan Kab. Sukabumi untuk menjadikan potensi daerah bisa ditetapkan sebagai pariwisata dunia, sehingga hasil kerjasama ini akan dilakukan lebih intens dan real di Geopark Bayah Dome.

“Mudah-mudahan keberhasilan CPUGGp bisa menular, juga langkah keberhasilannya patut dipelajari oleh kita,” katanya. 

Ia menambahkan, kerjasama ini sebagai upaya efensiensi dan efektivitas  pengembangan dan pengelolaan Geopark di kawasan masing-masing terutama di Kabupaten Lebak Banten.

0 Komentar