Kecamatan Cikole Terbanyak Kejadian Bencana

Kecamatan Cikole Terbanyak Kejadian Bencana
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Kecamatan Cikole di Kota Sukabumi merupakan wilayah paling banyak terjadi bencana selama kurun enam bulan terakhir tahun ini. Pada periode Januari-Juni itu, terdapat sebanyak 17 kali bencana di wilayah itu.

“Daerah yang paling banyak terjadi di Kecamatan Cikole berada di Kelurahan Cisarua. Data laporan yang kami terima, dari 17 kali bencana di Kecamatan Cikole, sebanyak 9 kali terjadi di Kelurahan Cisarua,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, dalam keterangannya, senin (17/7).

BACA JUGA: BPBD Dorong Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Di Kota Sukabumi, selama semester pertama total kejadian tercatat sebanyak 73 kali. Selain di Kecamatan Cikole, bencana juga terjadi di Selanjutnya di Kecamatan Citamiang sebanyak 14 kali, Kecamatan Gunungpuyuh sebanyak 12 kali, Kecamatan Baros sebanyak 11 kali, Kecamatan Warudoyong sebanyak 9 kali, Kecamatan Lembursitu sebanyak 8 kali, dan Kecamatan Cibeureum sebanyak 2 kali.

Baca Juga:Jangan Ada Perundungan Selama MPLS!Puluhan Hektar di Desa Kertajaya Simpenan di Tanami Sorgum

“Dari berbagai kejadian, masih didominasi bencana hidrometeorologi. Ini karena selama enam bulan terakhir intensitas curah hujan relatif cukup tinggi yang disertai dengan cuaca ekstrem,” tegasnya.

BACA JUGA: Diguyur Hujan Seharian, BPBD Terima Dua Laporan Kejadian

Penanganan terhadap berbagaibencana sudah dilakukan BPBD berkoordinasi dengan perangkat daerah teknis. Zulkarnain mengimbau masyarakat tetap waspada dan siaga terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

“Meskipun tak semasif enam bulan terakhir, hujan masih terjadi di Kota Sukabumi. Kami selalu siap siaga. Masyarakat juga perlu waspada,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar