Penerimaan ZIS Capai 50 Persen

Penerimaan ZIS Capai 50 Persen
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Capaian pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) hingga semester pertama tahun ini di Kota Sukabumi mencapai 50 persen. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menargetkan penerimaan ZIS tahun ini sebesar Rp7,5 miliar.

Ketua Baznas Kota Sukabumi Miftah Amir mengatakan, setiap tahun target pengumpulan zakat infak dan sedekah ZIS selalu mengalami peningkatan. Pada 2022 misalnya, Baznas menargetkan sebesar Rp6,5 miliar dan pada tahun ini meningkat menjadi Rp7,5 miliar.

“Alhamdulillah tahun ini sudah mencapai kurang lebih 50 persen dari target yang sudah ditetapkan. Memang setiap tahunnya terus meningkatkan,” ujar Miftah kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (27/7).

Baca Juga:Polisi Buru Terduga Geng Motor Aniaya Pedagang Nasi GorengDonatur Rereongan Bangun Jembatan Penghubung

Pengumpulan ZIS hingga saat ini masih didominasi dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang jumlahnya mencapai 70 persen.

“Jadi ASN masih mendominasi pengumpulan zakat saat ini. Kami terus berupaya menggali potensi ZIS yang ada,” jelasnya.

Untuk meningkatkan pengumpulan ZIS, kata Miftah, selain membentuk Unit Pelayanan Zakat (UPZ) di setiap daerah, juga menggali potensi dari para pedagang dan masyarakat lainnya.

“Kami juga berupaya memudahkan masyarakat yang hendak menyalurkan ZIS misalnya, melalui platform e-commerce seperti Shopee,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Baznas juga memberikan kemudahan lainnya untuk menyalurkan ZIS yakni melalui QR Code yang tersebar di seluruh kanal digital Baznas. Di antaranya melalui media sosial, website, dan email.

“Hanya dengan scan dan langsung masuk ke laman ZIS Baznas di Shopee. Jadi inovasi ini akan sangat memudahkan baik pengusaha maupun masyarakat lainnya dalam menyalurkan ZIS melalui Baznas,” ucapnya.

Miftah optimistis dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat mencapai target pengumpulan ZIS tahun ini.

Baca Juga:Kepala SMPN 1 Ciambar jadi TersangkaSurvei Indikator Sebut 49,3 Persen Pemilih Jokowi pada 2019 Dukung Ganjar

“Insya allah semua target dapat tercapai, dengan adanya kerjasama yang terjalin baik dengan semua elemen khususnya antar Baznas bersama UPZ,” akunya.

Dia meminta masyarakat dapat menyalurkan ZIS melalui Baznas sehingga jumlah bantuan yang disalurkan kepada warga yang membutuhkan dapat semakin meningkat.

0 Komentar