Evaluasi RPJPD dan RKPD, Walkot Ultimatum SKPD

Evaluasi RPJPD dan RKPD, Walkot Ultimatum SKPD
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Evaluasi RPJPD dan RKPD, Walkot Ultimatum SKPD, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengultimatum seluruh perangkat daerah berkaitan penyerapan bantuan keuangan daerah baik dana alokasi khusus (DAK) fisik maupun nonfisik.

Termasuk bantuan keuangan dari Pemprov Jabar yang harus segera dituntaskan.

Fahmi menuturkan bantuan dari gubernur itu di antaranya pembangunan jalur pedestrian. Saat ini progres pembangunannya kisaran 70 persen-90 persen dan harus selesai pada Agustus.

“Tapi kita berharap semua pembangunan jalur pedestrian harus selesai akhir Juli ini,” tegasnya.

Baca Juga:Antisipasi Kekeringan Dampak El NinoTanaman Padi Terancam Gagal Panen

Berbagai target RKPD pun harus dituntaskan pada September. Sehingga, RPJPD bisa terukur lebih valid.

“Makanya, saya, pak wakil, dan pak sekda menitipkan pesan agar semua target RKPD bisa selesai pada September tahun ini,” tuturnya.

Data dari Bappeda Kota Sukabumi, fase pertama RPJPD 2005-2008 yaitu mewujudkan masyarakat sejahtera melalui peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM), di fase kedua 2008-2013 yakni tercapainya good governance (tata pemerintahan yang baik) dan clean government (pemerintahan yang bersih), pemanfaatan tata ruang, peran serta masyarakat, dan sarpras perekonomian.

Sedangkan fase ketiga (2103-2018) yaitu meningkatkan daya saing, ketersediaan infrastruktur, kerjasama pemerintah dan swasta, penataan kelembagaan, penciptaan lingkungan bisnis, inovasi industri kecil, serta fase keempat (2018-2023) yakni terpadunya sektor jasa dan pertanian, lembaga dan pranata, yang didukung iptek untuk mendorong perekonomian efisiensi dan produktivitas tinggi.

Sedangkan fase kelima (2023-2025) yaitu pemeliharaan dan pengembangan semua aspek pembangunan yang telah dilaksanakan pada RPJM sebelumnya.

Sedangkan visi RPJPD 2005-2025 yaitu terwujudnya Kota Sukabumi sebagai pusat pelayanan berkualitas bidang pendidikan, kesehatan, dan perdagangan di Jawa Barat berlandaskan iman dan takwa. (mg4)

0 Komentar