Kolaborasi DKP3-JICA Kembangkan Bawang Merah

Kolaborasi DKP3-JICA Kembangkan Bawang Merah
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) melaksanakan panen sekaligus bimbingan teknis (bimtek) penanaman bawang merah bagi Kelompok Tani Tentram dan Karang Mekar, Senin (31/7).

Penyuluh Pertanian DKP3 Kota Sukabumi, Helga, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di salah satu lahan kelompok tani di Kecamatan Cibeureum itu merupakan kelanjutan dari program JICA yang dimulai pada 2022.

Meskipun bawang merah merupakan komoditas baru yang ditanam oleh Kelompok Tani, tapi hasilnya cukup menjanjikan.

Baca Juga:Baru 9 Pengembang Serahkan PSUBaros dan Lembursitu Rawan Krisis Air Bersih

“Dari satu kilogram bibit bisa menghasilkan 90 kilogram bawang merah siap panen,” kata Helga.

Koordinator Proyek JICA Wilayah Sukabumi Bogor dan Cianjur, Rizman, menerangkan peran JICA adalah menjadi fasilitator pengembangan sumber daya manusia di sektor pertanian.

Adapun pemilihan bawang merah sebagai komoditas yang dibudidayakan merupakan hasil dari penyusunan rencana usaha kelompok dan karena komoditas ini memiliki harga yang lebih baik dibandingkan tanaman sayuran lainnya.

“Lebih ke fasilitator pengembangan sumber daya manusia untuk petani. Kita bertahap. Jadi yang awalnya itu penyusunan rencana usaha kelompok.

“Rencana usaha kelompok Tani Karang Mekar dan Tentram memang mengharapkan budidaya komoditas baru yaitu bawang merah, karena memang harganya lebih bagus dibandingkan sayuran. Setelah muncul rencana usaha kelompok, kita menganalisis apa yang dibutuhkan,” ucapnya.
Diharapkannya kedua Kelompok Tani tersebut dapat menjadi produsen bawang merah di Kota Sukabumi. (ist)

0 Komentar