Puluhan Mahasiswa Datangi Disdik Kabupaten Sukabumi

Puluhan Mahasiswa Datangi Disdik Kabupaten Sukabumi
0 Komentar

SUKABUKIEKSPRES – Puluhan mahasiswa yang menamakan diri Aktivis Muda Sukabumi (Amusi) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/7).

Aksi massa ini menanggapi minimnya pengawasan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan aktivitas di lingkungan sekolah. Mereka meminta agar dinas pendidikan meminta maaf secara terbuka di media terkait dengan kinerja yang dinilai buruk.

BACA JUGA: Jelang Pesta Demokrasi Mahasiswa Ciamis Siap Tangkal Hoaks

Perwakilan Aktivis Muda Sukabumi, Ronald mengatakan, ada tiga poin yang dilayangkan oleh Amusi terkait dengan perbaikan sistem pendidikan dan evaluasi mengenai MPLS. Namun ini sebetulnya bukan aksi demontrasi melainkan audiensi dengan dinas pendidikan.

Baca Juga:Sekda Hadiri FGD Pemetaan Kerawanan Korupsi Sektor PendidikanPerangkat Daerah Diminta Optimalkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

“Kita sudah sampaikan tidak ada tendensi pribadi, ini murni untuk kebaikan pendidikan di Kabupaten Sukabumi. Disdik seharusnya legowo ketika melihat permasalahan ini dan mengevaluasi seluruh kinerja sampai tingkatan yang paling tinggi, dan jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali,” tandasnya kepada awak media.

BACA JUGA: Sekda Hadiri FGD Pemetaan Kerawanan Korupsi Sektor Pendidikan

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap mahasiswa yang memberikan koreksi kepada instansi pemerintahan terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

“Tentunya sebagai Institusi, dinas pendidikan harus siap menerima saran dan kritik dari siapapun, itu bukan menjadi hal tabu buat kami,” ujarnya.

Ia menyikapi Amusi yang melakukan audiensi dengan pihaknya yang menuntut agar Kadis Pendidikan meminta maaf melalui media terkait kinerja dinasnya.

“Sebenarnya pada saat wawancara awal, hal yang pertama disampaikan itu adalah bela sungkawa kepada korban meninggalnya siswa Ciambar saat MPLS, setelah itu kami membuat langkah-langkah agar kejadian ini tidak terulang kembali,” jelasnya.

Menurutnya, memang langkah-langkah tersebut tidak terekspose di media. Di antaranya dengan membekukan semua kegiatan ekstra kurikuler maupun kurikuler di luar sekolah.

“Kedua ektra kurikuler itu kami bekukan sementara, lalu kami juga memberikan petunjuk pelaksanaan terhadap kesatuan pendidikan, agar bagaimana membuat peta kelola kegiatan itu yang baik,” imbuhnya.

BACA JUGA: Mamah Cantik Hiasi Unjuk Rasa di Pendopo Cianjur

0 Komentar