Meriahkan HUT RI dan HJKS, Pamidangan Karangpara Gelar Seni Ketangkasan Domba

Meriahkan HUT RI dan HJKS, Pamidangan Karangpara Gelar Seni Ketangkasan Domba
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyaksikan seni ketangkasan Domba Garut di Pamidangan Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Minggu (20/08).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke 78 dan Kabupaten Sukabumi ke 153.

Seni ketangkasan domba yang diiringi musik tradisional ini, merupakan salah satu tradisi di Tatar Pasundan, khususnya Garut. Di mana, tradisi ini memiliki nilai kekeluargaan yang merekatkan persatuan masyarakat.

BACA JUGA: Budaya Literasi Anak Harus Diperkuat

Baca Juga:Budaya Literasi Anak Harus DiperkuatWali Kota Sidak Perbaikan Rutilahu

Marwan Hamami mengatakan, tradisi masyarakat ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, kegiatan ini bersifat multiplier effect.

“Tradisi ini bisa menjadi satu peluang yang besar untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. 

Dia menggambarkan, seni ketangkasan domba ini dapat mengembangkan peternakan, pariwisata, hingga UMKM. Sebab, semua itu dapat berkesinambungan ketika diatur secara baik.

BACA JUGA: Wali Kota Sidak Perbaikan Rutilahu

“Seni ketangkasan ini, bisa melebarkan peluang peternakan domba. Event yang digelar secara berkelanjutan bisa menjadi aset pariwisata, hingga akhirnya ekonomi dan UMKM masyarakat sekitar pagelaran seni ketangkasan dapat meningkat,” ucapnya. 

Kegiatan yang merupakan hobi ini, harus diyakini dapat mengangkat peternakan di Kabupaten Sukabumi. Termasuk dijadikan event yang tingkatannya lebih luas lagi.

“Mari kita yakini, ini menjadi momen mengangkat peternakan di Kabupaten Sukabumi. Lewat penataan yang baik pula, buatlah event yang bersifat nasional,” pungkasnya. (IST)

0 Komentar