DLH Terus Tekan Volume Buangan Sampah

DLH Terus Tekan Volume Buangan Sampah
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi terus berupaya menekan volume sampah. Pasalnya, buangan sampah yang dikirim ke TPAS Cikundul di Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu setiap hari mencapai 180 ton.

“Volume sampah yang dibuang ke TPAS sangat tinggi. Tempatnya semakin hari semakin menumpuk,” kata Kepala DLH Kota Sukabumi, Asep Irawan, kepada wartawan, belum lama ini.

Kondisi ini, kata Asep, tentu memerlukan perhatian dan kepedulian semua pihak. Sehingga volume sampah yang sedemikian banyak dari waktu ke waktu bisa dikurangi.

Baca Juga:Perkuat Komunikasi Jelang PemiluStok Suplai Air Bersih masih Aman

“Pertama, bagaimana caranya masyarakat itu bisa memilah sampah. Sehingga sampah yang dibuang ke TPA itu benar-benar residunya. Dari penelitian yang dilakukan sampah yang dibuang itu 60 persen itu dari sisa makanan,” jelasnya.

Salah satu opsi yang bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah kiriman sampah yang ditampung di TPSA adalah dengan menjegal atau tidak meloloskan sampah yang berasal dari limbah rumah tangga, pertokoan, rumah makan dan tempat lainnya.

“Sekarang ini, bagaimana caranya agar menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Di antaranya jangan membuang sampah sembarangan supaya kota ini terlihat bersih. Jumlah sampah di TPA sudah overload,” pungkasnya. (ist/plt)

0 Komentar