Kompetensi dan Kapasitas Pengurus Koperasi Harus Terus Ditingkatkan

Kompetensi dan Kapasitas Pengurus Koperasi Harus Terus Ditingkatkan
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pengurus koperasi harus terus ditingkatkan agar keberadaan koperasi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Sukabumi.
Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, secara resmi membuka kegiatan peningkatan kapasitas dan SDM koperasi se-Kota Sukabumi, kemarin (16/10).

Acara yang digelar Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi diikuti 25 orang pengurus koperasi se-Kota Sukabumi. Kusmana menyoroti kendala yang dihadapi rata-rata koperasi yaitu kompetensi dan SDM.

“Salah satu kendala yang dihadapi oleh koperasi adalah sumber daya manusia. Di samping itu, koperasi juga masih menghadapi kendala lain seperti akses pasar, akses pembiayaan, dan penerapan teknologi dalam pengelolaannya,” ujar Kusmana.

Baca Juga:Kepsek Diduga Tilap Dana BOS dan PIP, Tersangka Dijebloskan ke PenjaraBNNK Sukabumi Libatkan Pesantren Hadapi Ancaman Narkoba

Kusmana juga menekankan pentingnya pelatihan peningkatan kapasitas dan SDM pengurus koperasi. Ia menyarankan agar pengelolaan koperasi diberikan kepada para ahli yang kompeten.

“Pengelolaan koperasi harus diberikan kepada ahlinya. Para pengelola koperasi mesti memiliki sikap tanggung jawab dan harus siap mempertanggungjawabkan kepengurusannya kepada anggota melalui rapat anggota tahunan,” tambahnya.

Menurutnya, keberadaan koperasi memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat, terutama di Kota Sukabumi. Ia mengajak koperasi untuk membangun kerja sama, terutama dalam hal pengadaan barang dan produk.

“Saya mengharapkan, dalam waktu dekat ini ada koperasi yang mampu mengekspor produk para pelaku UMKM Kota Sukabumi,” harapnya.

Pertumbuhan koperasi di Kota Sukabumi dapat didorong dengan meningkatkan jumlah anggota dalam setiap koperasi. Kusmana mengingatkan jumlah anggota koperasi berdampak pada jumlah simpanan pokok anggota, yang merupakan modal utama koperasi.

“Jumlah anggota koperasi akan berdampak pada jumlah simpanan pokok anggota. Di samping itu, koperasi juga harus terus meningkatkan kualitasnya,” kata Kusmana.

Kusmana menegaskan pentingnya peran Diskumindag dalam peningkatan kapasitas dan SDM koperasi.

Baca Juga:IPAL Bisa Kurangi Kebiasaan Buruk MasyarakatIntensifkan Pengawasan Keamanan Pangan, Tingkatkan Pengetahuan dan Pemahaman Masyarakat

“Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskumindag akan selalu hadir agar koperasi di Kota Sukabumi terus meningkat dan menumbuhkan kemampuan berdaya saing dari tingkat lokal, regional, nasional, hingga internasional,” paparnya.

0 Komentar