P2RW Tetap Berlanjut Tahun Depan

P2RW Tetap Berlanjut Tahun Depan
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESPemerintah Kota Sukabumi masih tetap menggulirkan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) tahun depan. Alokasi anggarannya tidak terganggu meskipun saat ini pimpinan daerah dinakhodai penjabat (Pj).

Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Sukabumi, Andri Firmansyah, mengatakan dana stimulan yang dikucurkan bakal diserap masing-masing RW untuk kebutuhan pembangunan fisik maupun kebutuhan nonfisik hasil rembug warga di setiap RW.

“Program ini dinilai berhasil menjadi perangsang tinggi swadaya masyarakat terhadap pembangunan berbasis wilayah. Makanya Pemkot Sukabumi tetap akan menggulirkan program tersebut tahun depan,” ujar Andri kepada wartawan, kemarin (19/10).

Baca Juga:Optimistis Pemilu Berjalan Lancar dan Damai di Kota SukabumiMayat Wanita Membusuk di Semak-semak

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Pemkot Sukabumi, kata Andri, hasil pembangunan P2RW tahun 2022 yang mendapat juara yakni RW Kelurahan Kebonjati Kecamatan Cikole.

Wilayah itu telah berhasil membangun musala dan posyandu yang menghabiskan biaya senilai kurang lebih Rp180 juta.

“Kami sangat mengapresiasi peran masyarakat dalam membantu pemerintah daerah melalui dana stimulan. Hasilnya di lapangan melebihi dari dana yang dianggarkan,” terangnya.

P2RW juga dinilai menjadi saluran yang efektif dalam mempercepat pembangunan berbasis partisipasi masyarakat.

“Padahal dana dari pemerintah daerah hanya dialokasikan sebesar Rp25 juta setiap RW. Tapi alhamdulillah hasilnya banyak pembangunan yang nilainya melebihi dana stimulan yang diberikan. Wajar kalau program tersebut dinilai berhasil dan tetap akan dipertahankan,” ungkapnya.

Tahun ini hasil rembug warga di setiap RW dan kegiatan telah rampung dilaksanakan. Hampir semua dialokasikan untuk pembangunan fisik.

Seperti biasa, Pemkot Sukabumi bersama dinas dan instansi terkait akan melakukan monitoring hasil pembangunan di wilayah, untuk menentukan juara dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota.

Baca Juga:Pasca Putusan MK Soal Batas Usia, PKPU Wajib DirevisiMenkopolhukam Sebut Mengambil Cuti Saat Berkampanye

“Saya yakin pembangunan tahun ini melalui P2RW tingkat partisipasi masyarakat akan semakin meningkat. Nanti akan kita lihat saat monitoring,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar