Waspadai Peredaran Upal Jelang Pemilu!

Waspadai Peredaran Upal Jelang Pemilu!
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Polres Sukabumi Kota mewaspadai peredaran uang palsu (Upal) menjelang Pemilu 2024. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas dan keamanan ekonomi daerah.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, Pemilu merupakan momentum penting pada kehidupan demokrasi. Karena itu, Polres Sukabumi Kota bertekad untuk mengamankan dan menjamin pelaksanaan Pemilu yang aman, jujur, dan adil.

“Salah satu langkah yang diambil adalah meningkatkan pengawasan terhadap peredaran uang palsu yang dapat merusak sistem keuangan dan merugikan masyarakat,” ujar Ari kepada wartawan seusai apel Hari Santri di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, kemarin (22/10).

Baca Juga:Pengantin Baru Ditemukan Tewas di Pinggir PantaiProperty Expo Fasilitasi Kebutuhan Dasar Masyarakat

Ari mengaku, Polres Sukabumi Kota memperkuat koordinasi dengan instansi terkait, seperti perbankan, kantor pajak, dan pihak terkait lainnya.

“Kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai cara mengenali uang palsu dan langkah untuk melapor jika menemukan uang palsu,” ungkapnya.

Upaya ini dilakukan agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif mencegah peredaran uang palsu. Pihaknya mengajak masyarakat untuk tidak ragu melapor kepada pihak berwajib apabila menemukan uang palsu agar dapat segera ditindaklanjuti.

“Selain itu, kami juga telah melakukan koordinasi dengan pihak perbankan di daerah. Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat sistem keamanan dalam penanganan dan pendeteksian uang palsu,” ucapnya.

Pencegahan dan penindakan terhadap peredaran uang palsu menjadi prioritas utama Polres Sukabumi Kota sebagai bentuk kepedulian terhadap keamanan ekonomi masyarakat.

Apabila ditemukan adanya aktor atau kelompok yang terlibat dalam peredaran uang palsu, Polres Sukabumi Kota bakal segera menindak tegas sesuai peraturan yang berlaku.

“Kami mengimbau masyarakat lebih berhati-hati menerima uang yang mencurigakan. Beberapa tanda khas uang palsu yang perlu diperhatikan antara lain tampilan warna yang pudar, ketidakjelasan gambar dan tulisan, serta terasa lebih tipis dan ringan,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar