Program PTSL Minim Peminat

Program PTSL Minim Peminat.
Program PTSL Minim Peminat.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESProgram Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Sukabumi minim peminat. Data Kantor Pertanahan ATR/BPN setempat, terhitung Januari-Oktober 2023 baru 300 orang yang mendaftar. Program PTSL Minim Peminat.

Kepala Kantor Pertanahan ATR/BPN Kota Sukabumi, Surahman, menjelaskan, tahun ini Kota Sukabumi mendapat kuota program PTSL sebanyak 1.000 bidang. Namun progresnya dua bulan menjelang akhir tahun baru sekitar 30 persen atau sekitar 300 bidang.

“Dari jumlah itu, yang sudah selesai baru 100 sertifikat dan yang sudah diserahkan sebanyak 80 sertifikat,” ujar Surahman kepada wartawan, kemarin (24/10).

Baca Juga:Kecamatan Gunungpuyuh Inisiasi Pengelolaan SampahUpaya Memberantas BKCHT Ilegal

Surahman tak memungkiri minimnya pendaftar PTSL akibat berbagai kendala. Di antaranya masih banyak tanah berstatus sengketa ataupun banyak pemilik tanah yang tengah berada di luar kota.

“Seperti persoalan bagi waris, ini tentu berdampak terhadap progres PTSL,” tuturnya.

Ia juga menyebut faktor lainnya kemungkinan karena minim sosialisasi. Akibatnya, banyak masyarakat pemilik tanah tidak mengetahuinya.

“Bisa jadi karena minimnya sosialisasi,” bebernya.

Surahman berharap masyarakat bisa memaksimalkan manfaat program PTSL.

“Kalau normal bisa sampai jutaan rupiah. Sayang sekali kalau warga tidak memanfaatkan program PTSL ini karena hanya cukup bayar Rp150 ribu,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar