Diskominfo Jabar Pantau Layanan Satu Data

Diskominfo Jabar Pantau Layanan Satu Data
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Tim Jabar Digital Service (JDS) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat berkunjung ke Diskominfo Kota Sukabumi, Senin (30/10).

Tujuannya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program Open Data, Satu Data, dan Satu Peta di Kota Sukabumi.

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, menyampaikan beberapa waktu terakhir pihaknya telah berkomunikasi dengan Diskominfo Provinsi Jawa Barat terkait dukungan terhadap pengembangan unit digital pada Diskominfo Kota Sukabumi.

Baca Juga:Komisi Informasi Monev ke Kota SukabumiAnies dan Ganjar Sampaikan Pesan Netralitas ASN kepada Presiden

Di antaranya mencakup beberapa layanan seperti Satu Data, pengelolaan Unit Saber Hoaks, dan PPID.

Ia pun mengharapkan tim JDS bisa menyampaikan kembali aspirasi pihaknya terkait dukungan tersebut. Sebab, berbagai program yang dimiliki Diskominfo Provinsi Jawa Barat dirasakan sulit diterapkan oleh Diskominfo di daerah karena beberapa hal seperti terbatasnya kemampuan anggaran.

“Bantu kami supaya bisa berlari seperti Pemerintah Provinsi Jabar,” ujar Rahmat.

Adapun beberapa poin yang dibahas dalam rapat adalah pencapaian Open Data yakni evaluasi mengenai sejauh mana data yang sudah diunggah, kualitasnya, serta dampak positif yang telah dihasilkan dari kebijakan Open Data Kota Sukabumi.

Kemudian peninjauan penggunaan Satu Data dalam mengintegrasikan data dari berbagai sumber di tingkat pemerintah kota. Selain itu dibahas pula mengenai pemanfaatan Satu Peta untuk mendukung kebijakan perencanaan dan pengembangan daerah.

Kedua pihak menyepakati beberapa hal di antaranya saran bagi Diskominfo Provinsi Jabar membuat surat edaran terkait pengelolaan data spasial.

Seperti di Pemerintah Kota Sukabumi, pengelolaannya masih dilakukan di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta penyimpanan Portal Satu Peta pada server Diskominfo Jabar. (ist)

0 Komentar