Kenapa Buah Semangka jadi Simbol Bela Palestina? Ini Penjelasannya 

Semangka jadi Simbol Bela Palestina
Semangka jadi Simbol Bela Palestina
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Buah semangka adalah simbol yang kuat bagi rakyat Palestina karena warna merah cerah melambangkan darah para pejuang yang telah gugur, dan warna merah cerah juga lambang dari semangatnya perjuangan rakyat Palestina.

Semangka adalah komoditas pertanian penting bagi Palestina yang dimana buah ini ditanam di berbagai daerah Palestina, dan merupakan sumber mata pencaharian penting bagi banyak orang di sana. Oleh karena itu, buah tersebut sering dikaitkan dengan identitas Palestina.

Asal usul semangka sebagai simbol bela Palestina dimulai pada tahun 1967 setelah perang enam hari, yang dimana dalam perang tersebut Israel merebut Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur dari Palestina. Setelah perang, Israel juga melarang pengibaran bendera Palestina di wilayah-wilayah yang dikuasainya.

Baca Juga:Poin Poin Penting Film Bioskop Budi Pekerti yang Sukses Pikat Banyak HatiKelebihan dan Kekurangan Update Windows 11 yang Baru Rilis

Untuk menghindari larangan tersebut, warga Palestina mulai menggunakan semangka sebagai simbol bendera mereka, karena warna merah cerah semangka dianggap mewakili warna bendera nasional Palestina yakni merah, hitam, putih, dan hijau.
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan semangka sebagai simbol bela Palestina:
1. Pada tahun 2014, seorang aktivis Palestina bernama Ahed Tamimi menjadi terkenal setelah memukuli seorang tentara Israel dengan semangka. Aksi Tamimi ini dianggap sebagai simbol perlawanan rakyat Palestina terhadap pendudukan Israel.

2. Pada tahun 2021, seorang wanita Palestina bernama Iman Darweesh menjadi viral setelah membagikan semangka kepada tentara Israel di pos pemeriksaan. Aksi Darweesh ini dianggap sebagai simbol perdamaian dan kemanusiaan.

0 Komentar