Desa Cijurey Gegerbitung Pilot Project Penerapan Pertanian Purba

Desa Cijurey Gegerbitung Pilot Project Penerapan Pertanian Purba
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi menjadi daerah percontohan atau Pilot Project penerapan Pertanian Purba. Model pertanian seperti ini memiliki ciri khas, yaitu tidak melakukan olah tanah, pemupukan kimia serta penggunaan pestisida yang diyakini kelak akan menjadi pioner majunya pertanian di Indonesia. Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Sukabumi, Prasetyo, Kamis (2/11). 

Menurutnya penerapan model pertanian purba sebagaimana tujuan dasarnya adalah terciptanya hidup sehat tanpa residu kimia. Karena kualitas terbaik manusia adalah memiliki derajat kesehatan yang memadai.

“Saat ini kita sedang melakukan tahap transfer knowladge ke para Kelompok Petani (Poktan) di Desa Cijurey dengan melaksanakan kelas khusus pertanian purba dan pembuatan MOL. Diharapkan ke depan terdapat desa desa organik, sehingga menjadikan Kabupaten Sukabumi menuju daerah konservasi,” kata Prasetyo.

Baca Juga:LPPL RCL Raih Prestasi Juara Terbaik Program Peduli StuntingJelang Penilaian Adipura, Satpol PP Tertibkan PKL di Palabuhanratu

Selain itu,  efek sistemik metode pertanian purba merupakan salah satu solusi dalam ketahanan pangan dan peningkatan produktivitas yang ramah lingkungan dan berorientasi kelestarian masa depan. (IST)

0 Komentar