BPBD Normalisasi Aliran Sungai, Upaya Antisipasi Banjir saat Hujan

BPBD Normalisasi Aliran Sungai, Upaya Antisipasi Banjir saat Hujan
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi. Salah satu upayanya dilakukan dengan melakukan aksi bersih-bersih aliran sungai di

Kelurahan/Kecamatan Cikole dan Kelurahan Cipanengah Kecamatan Lemburistu.
Kepala Pelakana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya pencegahan terjadinya banjir limpasan serta longsor.

“Kegiatan ini meliputi mengangkat sendimen sungai yang terjadi pendangkalan, membersihkan sampah yang ada di aliran sungai tersebut, serta membabat rumput-rumput yang ada di bibir sungai,” kata Novian kepada wartawan, belum lama ini.

Baca Juga:Resmi Gabung Partai Gelora, Neno Warisman Siap Menangkan Prabowo – GibranRocky Gerung Yakin Anies tak Bisa Menang Pilpres, Ada Tembok Penghalang

Novian menjelaskan, kegiatan bersih-bersih sungai ini dapat mengurangi risiko terjadinya banjir dan longsor, terutama pada kondisi hujan.

“Selain itu, kami juga mengimbau masyarakat untuk turut berpartisipasi menjaga kebersihan sungai dan lingkungan agar bencana alam dapat dicegah,” jelasnya.

BPBD Kota Sukabumi akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti aparat kelurahan dan masyarakat setempat, untuk mengantisipasi dan menangani potensi bencana akibat musim hujan.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan mengikuti informasi perkembangan cuaca dari pihak berwenang,” ucapnya.

Novian berharap dengan berbagai upaya yang terus dilakukan dapat meminimalkan terjadinya banjir saat turun hujan.

“Semoga dengan upaya ini bisa mengantisipasi bencana alam banjir. Terlebih, saat ini sudah memasuki musim hujan,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar