Kronologi Kecelakaan KA Probowangi Menabrak Minibus di Lumajang, 11 Orang Tewas

Kecelakaan KA Probowangi
Kecelakaan KA Probowangi
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Sebanyak 11 penumpang mikrobus Isuzu Elf meninggal dunia usai kendaraan yang mereka naiki tertabrak dengan KA Probowangi di Desa Ranupakis, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, di hari Mingg 19 November 2023 malam.

Kronologi kereta ini tertabrak mobil di Lumajang ini terjadi ketika KA Probowangi ini relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya tersebut melaju dari arah timur ke barat.

Namun saat bersamaan minibus dengan Nopol N-7646-T yang berjalan dari arah selatan ke utara, melintas lintasan kereta api tanpa adanya palang pintu.

Baca Juga:Denda 2,5 Miliar Ancam Perokok di PesawatPortugal vs Islandia dengan Skor 2-0, ‘Portugal Tidak Mengendurkan Intensitasnya’

Benturan pun tak terhindarkan. Mobil yang mengangkut belasan penumpang itu kena hantam KA Probowangi yang tengah melaju di jalurnya.

“Masinis sudah membunyikan klakson lokomotif namun tiba-tiba mobil muncul dari arah samping tanpa berhenti terlebih dahulu, tapi langsung menembus dan berada di rel kereta api,” ujar Kasi Humas PT KAI DAOP 9 Anwar Yuli Prasetyo saat dikonfirmasi Minggu (19/11) malam.

Anwar mengatakan setelah kejadian masinis sempat menghentikan kereta api untuk memeriksa rangkaian. Setelah dipastikan aman, masinis kembali melaju ke stasiun selanjutnya dan melaporkan kejadian di stasiun tersebut.

Berangkat dari laporan tersebut, petugas pun langsung menuju ke lokasi kecelakaan tersebut melakukan proses evakuasi.

“Alhamdulillah bangkai mikrobus sudah berhasil dievakuasi menjauh dari rel kereta,” kata Anwar.

Berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan, kecelakaan tersebut telah mengakibatkan 11 orang penumpang mikrobus meninggal dunia dan empat orang mengalami luka berat.

Anwar mengatakan perjalanan beberapa kereta api di lokasi kejadian usai kecelakaan tersebut tetap berjalan normal, namun kecepatannya dikurangi karena banyaknya warga yang berada di lokasi kejadian berada di sekitar rel KA.

Baca Juga:Sinopsis Crash Landing On You Kisah Cinta yang RomantisSinopsis Descendants of the Sun Kisah Cinta Sang Kapten dan Dokter Cantik

“Tidak ada perjalanan KA yang terganggu akibat kecelakaan itu, namun KA Probowangi mengalami keterlambatan sekitar 13 menit tiba di sejumlah stasiun tujuan menuju Stasiun Gubeng Surabaya,” ujarnya.

 

0 Komentar