5 Kali Erupsi Hari Ini, Gunung Anak Krakataw Berikan Peringatan Waspada

Gunung Anak Krakataw
Gunung Anak Krakataw
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Berdasarkan laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pada hari ini, Rabu, 27 November 2023, pukul 14:15 WIB.

Erupsinya Gunung Anak Krakataw tersebut tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 2 menit 30 detik, yang dimana hal tersebut menghasilkan kolom abu setinggi 1.000 meter di atas puncak gunung.

Diketahui, Abu vulkanik yang dihasilkan Gunung Anak Krakataw tersebut berwarna kelabu dan mengarah ke arah timur laut, hingga dapat menyebabkan iritasi kulit untuk sebagian orang terutama ketika abu vulkanik tersebut bersifat asam.

Baca Juga:WOW! Nilai Pasar Pratama Arhan di klub Tokyo Verdy Selalu MeningkatSi Bungsu Berbakat! Berikut Pencapaian Kobbie Mainoo dalam Dunia Sepak Bola

Tak hanya itu, Hujan abu vulkanik juga dapat mengakibatkan terkontaminasinya air bersih, penyumbatan saluran air, serta kerusakan peralatan penyedia air bersih.

PVMBG mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 5 kilometer dari kawah, serta masyarakat juga diminta untuk mewaspadai potensi hujan abu vulkanik di sekitar gunung.

Berikut adalah data erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari ini:

Waktu: 14:15 WIB
Amplitudo: 25 mm
Durasi: 2 menit 30 detik
Tinggi kolom abu: 1.000 meter
Arah abu: timur laut
Jarak aman: 5 kilometer dari kawah
PVMBG akan terus memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau dan akan memberikan informasi terkini jika diperlukan.

0 Komentar