Cak Imin: Cawapres Harus Siap Debat

Cak Imin: Cawapres Harus Siap Debat
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES — Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin angkat bicara terkait kabar Komisi Pemilihan Umum (KPU) meniadakan debat khusus cawapres pada Pilpres 2024.

Cawapres dari Koalisi Perubahan itu berharap debat cawapres sama dengan pemilu-pemilu sebelumnya.

“Saya belum tahu maksudnya apa kok perubahan itu terjadi, tentu kita menyesal itu terjadi tidak seperti lima tahun yang lalu,” kata Imin usai menghadiri acara Mukernas MUI di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga:Komisi II Desak KPU Selidiki Dugaan Kebocoran Data Daftar Pemilih TetapLPP PC PMII Kota Sukabumi Soroti Soal Pemasangan APK

“Sebetulnya debat ini bagian dari transparansi dari rencana dan gagasan ke depan. Kalau pemilu ini mau baik, ya kita adu gagasan, adu program, adu ide kita siap melakukan itu. Tapi KPU kita tunggu supaya lebih terbuka,” kata Cak Imin.

Meski begitu, Ketua Umum PKB ini masih berharap debat khusus cawapres tetap digelar.

“Ya pasti kita ingin berharap itu,” ujar wakil ketua MPR itu.

Sebelumnya, KPU memutuskan lima kali debat Pilpres 2024 yang akan dihadiri oleh semua paslon secara bersamaan.

KPU memutuskan meniadakan debat khusus capres atau cawapres saja seperti Pilpres 2019.

“Lima kali debat itu pasangan calon semuanya hadir. Hanya saja, proporsi bicaranya yang berbeda. Pada saat debat capres, maka proporsinya capres untuk bicara lebih banyak. Ketika debat cawapres proporsinya untuk cawapres lebih banyak,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, dikutip Jumat (1/12/2023). (Pram/Fajar)

0 Komentar