Harga Cabai Turun, Bawang Putih Naik

Harga Cabai Turun, Bawang Putih Naik
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Harga bawang putih di sejumlah pasar di Kota Sukabumi rata-rata terpantau naik pada Jumat (15/12). Penaikan harga bawang putih diikuti juga beberapa komoditas sayuran lainnya.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, Muhammad Rifki, menyebutkan saat ini harga bawang putih berkisar Rp35 ribu per kilogram. Sebelumnya harga di kisaran Rp32 ribu per kilogram.

“Hasil monitoring pada Jumat, ada beberapa komoditas yang harganya naik. Salah satunya bawang putih yang semula Rp32 ribu menjadi Rp35 ribu per kg,” kata Rifki melalui keterangannya, Sabtu (16/12).

Baca Juga:Cukup Banyak PMI Ilegal Asal Jabar Tersandung MasalahSiaga di Lokasi Terdampak Gempa

Komoditas kebutuhan pangan masyarakat lain yang harganya ikut-ikutan naik yakni wortel. Semula harganya Rp11 ribu, sekarang naik jadi Rp12 ribu per kg. Demikian juga harga kentang yang awalnya Rp14 ribu menjadi Rp16 ribu per kg. Sedangkan tomat dari Rp12 ribu naik menjadi Rp14 ribu per kg.

“Sementara komoditas yang harganya turun yaitu cabai rawit hijau dari Rp45 ribu menjadi Rp40 ribu per kg,” imbuh Rifki.

Sepekan menjelang Natal, Diskumindag Kota Sukabumi terus mengintensifkan pemantauan harga dan stok berbagai komoditas kebutuhan masyarakat. Sejauh ini harga dan stok maupun pasokan relatif masih cukup terkendali.

“Harga pada beberapa komoditas memang masih naik-turun. Belum begitu stabil. Perkiraan memang bakal ada peningkatan permintaan menghadapi Natal. Mudah-mudahan tak berimbas signifikan terhadap perkembangan harga,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar