Setelah Penelitian Sejarah dan Kajian Ilmiah Persib Bandung Resmi Merubah Hari Lahir

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU.
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU.
0 Komentar

SUKABUMIEKPRES – Persib Bandung telah secara resmi mengubah hari lahir pendirian klub dari semula tanggal 14 Maret 1933 kini menjadi 5 Januari 1919, hal ini diumumkan oleh CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Glenn T Sugita, setelah mendapatkan laporan penilitian sejarah dan kajian ilmiah, Minggu (17/12/2023).

Penilitian ilmiah ini dilakukan karena ada kejanggalan mengenai tanggal lahir Persib Bandung sebelumnya pada tanggal 14 Maret 1933, sedangkan PSSI terbentuk pada tahun 1930 dan Persib Bandung yang pada saat itu bernama (Bandoengsch Inlandsch Voetbal Bond/BIVB) menjadi salah satu klub dari tujuh perserikatan pendiri PSSI pada 19 April 1930.

Adanya keresahan dan kejanggalan dimata publik pada saat itu jika Persib Bandung ikut membentuk mendirikan PSSI bagaimana bisa 3 tahun setelahnya klub kebanggaan warga Jawa Barat ini baru saja berdiri.

Baca Juga:Mindfulness dan Fokus Menghubungkan Pikiran untuk Kinerja OptimalMengasah Fokus Kunci Keberhasilan di Era Distraksi Digital

Tim Peneliti Hari Jadi Persib diketuai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof. Kunto Sofianto, Ph.D. Tim ini beranggotakan Dr. Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman Sunarya, M.A, Iqbal Reza Satria, S.H., M.I.P. dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA.

Mereka sudah cukup lama mendalami sejarah pembentukan Persib Bandung melalui berbagai macam rujukan sejarah sumber primer dan sumber sezaman,

“Terutama dari pegiat literasi, jurnalis dan Bobotoh Persib karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi Persib pada tanggal 14 Maret 1933,” jelas Prof. Kunto.

Menurut Prof. Kunto pada sekitar tahun 1923an di kawasan Bandung telah berdiri sebuah perserikatan sepak bola (Voetbal Bond) yang bernama Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB) dan menurut catatan klub tersebut diketuai oleh Mr. Syamsudin sebagai ketua BIVB.

Fakta sejarah baru kembali ditemukan melalui sebuah surat kabar bahwa pada tanggal 7 Januari 1919, diberitakan soal pembentukan Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB) kala itu.

Prof Kunto menambahkan jika peresmian pembentukan klub asal Bandung tersebut terjadi saat hari Minggu tepatnya 5 Januari 1919 karena berkenaan dengan adanya sebuah perayaan pada saat itu yang tak mungkin dilaksanakan hari Senin, 6 Januari 1919.

“Terbitanya itu Selasa, berarti kan karena koran itu biasanya memberitakan sesudah, Kami berdikusi dan saya yakin itu Hari Minggu, tidak mungkin Senin. Kami mencari bukti pendukung yang kuat,” ucapnya.

0 Komentar