Pinjol Hancurkan Hidup Rakyat Kecil, Mana OJK?

Pinjol Hancurkan Hidup Rakyat, Kemana OJK? Foto : Tangkapan Layar Kanal Youtube Akbar Faizal Uncensored
Pinjol Hancurkan Hidup Rakyat, Kemana OJK? Foto : Tangkapan Layar Kanal Youtube Akbar Faizal Uncensored
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – “Pinjol Hancurkan Hidup Rakyat Kecil, Mana OJK?” merupakan sebuah topik diskusi yang dbahas di sebuah kanal Youtube bernama Akbar Faizal Uncensored dibawakan oleh Akbar Faizal seorang politisi dan mantan Anggota DPR RI yang tayang pada hari Selasa, (19/12/2023).

Pada topik diskusi kali ini Akbar Faizal mengundanG dua narasumber yang berkompeten yaitu Hendrikus Passagi mantan Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Andi Rahmat seorang mantan Anggota DPR-RI yang turut membentuk Undang-Undang berdirinya OJK.

Akbar Faizal menyampaikan beberapa data terkait “Daerah dengan Utang Pinjol di Indonesia Per Juni (Triliun)” dengan 6 Provinsi Tertinggi  diantaranya Jawa Barat sebesar 14,3 Triliun, DKI Jakarta 10,9 Triliun, Jawa Timur 6,5 Triliun, Banten 4,6 Triliun, Sumatera Utara 1,4 Triliun dan Sumatera Selatan 1 Triliun.

Baca Juga:Apple Watch Ultra 2 Buat Penampilan Lebih Modis dan Juga StylishApple Watch Ultra 2 Telah Resmi Dirilis Dan Bisa Dibeli Diberbagai Marketplace

Serta data yang disajikan lainnya yaitu adalah “Penyebab Masyarakat Terjebak Utang Pinjol Ilegal” ada beberapa penyebab yang membuat masyarakat terjebak hutang diantaran lainnya pada data yang disampaikan ini karena faktor ekonomi seperti Membayar Hutang Lain sebanyak 40,7 persen, Latar Belakang Ekonomi 15,4 persen dan Dana Cair Lebih Cepat 14,1 persen.

Sedangkan untuk data yang terakhir adalah “Kategori Masyarakat Yang Paling Banyak Terjerat Pinjol Ilegal” profesi guru menjadi kategori masyarakat yang paling atas terjerat hutang pinjol sebanyak 42 persen, Korban PHK 21 persen,  Ibu Rumah Tangga 18 persen dan Karyawan sebanyak 9 persen.

Akbar Faizal menyampaikan jika topik ini harus dibahas karena sudah menelan banyak korban, bahkan orang terdekat Akbar Faizal seperti supir, karyawan dan orang terdekatnya pun banyak yang terjerat hutang pinjol bahkan Akbar Faizal menyampaikan kanal youtube ini harus keluar dari konteks yang biasanya membahas tentang politik.

“Maka kemudian kami memutuskan ini, ini problem yang harus kita bicarakan, sebenarnya ini bukan kajian kami” ucap Akbar Faizal, lalu dibeberapa pertanyaan berikutnya Akbar Faizal menanyakan terkait kondisi pinjol yang kini beredar dengan masif dan membuat rakyat menderita.

“Tolong jelaskan kepada kami kemudian pinjol menjadi mengharu biru seperti ini dan menciptakan banyak penderitaan?” tambah Akbar Faizal, pada tayangan ini sangat banyak pembahasan yang menarik bahkan Hendrikus Passagi menyampaikan para penyedia pinjol tersebut memiliki akses terhadap perangkat penggunanya seperti, kamera, lokasi, dan microphone.

0 Komentar