Kereta Cepat Akan Sambungkan Ke Surabaya, Menhub Sebut Ada Investor

Kereta Cepat
Kereta Cepat
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi buka-bukaan tentang rencana pemerintah untuk melanjutkan Kereta Cepat menuju Surabaya, sejauh ini Kereta Cepat pertama di Asia Tenggara itu sudah terhubung dari Jakarta ke Bandung.

Budi Karya bilang pembangunan Kereta Cepat menuju Surabaya bakal menggunakan skema pendanaan creative financing, ia mengungkapan akan adanya investor yang mengkaji prakarsa untuk proyek tersebut, namun ia belum mau merinci siapa dan dari mana investor yang dimaksud.

“Dengan keterbatasan APBN kita akan melakukan creative financing, akan ada investor yang bakal menghubungkan sampai ke Surabaya. Nanti kami bersama yang memprakarsai, akan ada design engineering, kemudian diberikan tender dan jadi pemenang,” sebut Budi Karya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2023, di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga:Viral Video Sejoli Mesum di Sebuah Restoran SenopatiFilm The Shining Film Horor yang Sangat Menakutkan

Namun, sebelumnya Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo pernah buka-bukaan terkait tentang peran China di proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, menurutnya telah dilakukan oleh joint study antara pemerintah Indonesia dengan China menyangkut proyek tersebut.

“Jadi kita baru mulai kesepakatan dengan pihak China untuk memulai joint study itu tapi butuh waktu lah, nggak mungkin 2 minggu, tapi kita sebagai BUMN joint study bersama China untuk kita melihat feasibility maupun cost project secara keseluruhan,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (1/11/2023) yang lalu.

 

0 Komentar