Info Terkini Gempa Bumi Guncang Garut dan Tasikmalaya, Ada Aktivitas Susulan

Gempa Bumi
Gempa Bumi
0 Komentar

SUKABUMIESKPRES – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan tektonik dengan parameter update magnitudo 5,3 menguncang wilayah selatan Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat, pada hari kamis, 28 Desember 2023, pukul 05:43 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,18° Lintang Selatan dan 107,79° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 kilometer arah barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada kedalaman 41 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia (intraplate earthquake),” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Kamis.

Baca Juga:Viral Video Buruh Mandi Beras di Gudang BulogDead by Daylight Game Surviral Horor Asimetris 2023

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser-naik (oblique-thrusting fault),” tambahnya.

Gempa bumi ini telah berdampak dan dirasakan di daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI, yaitu bila pada siang hari yang dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Di daerah Cilacap, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Cianjur, Pangandaran dengan skala intensitas III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu. Di daerah Bandung, Bogor dengan skala intensitas II-III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 06.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan.

0 Komentar