Inilah Update Gempa Bumi Dahsyat Mengguncang Jepang Hingga Picu Tsunami

Gempa Bumi
Gempa Bumi
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Negara Jepang diguncang dahsyat oleh gempa bumi dengan berkuatan magnitudo 7,5 hari kemarin, Senin (01/01/2024) dan memicu gelombang tsunami.

Gempa bumi yang berpusat tidak jauh dari Noto, Prefektur ishikawa, itu terjadi disekitaran Senin sore pukul 16.10 waktu setempat dengan pusat kedalamannya yang cukup dangkal yaitu 10 kilometer di bawah tanah.

Total 21 kali gempa bumi di atas magnitudo 4.0 telah mengguncang negara Jepang sejauh ini pada Senin (01/01/2024). waktu setempat.

Baca Juga:Smart TV Seri Samsung The Terrace Dirancang untuk Diluar RuanganSmart TV Samsung Seri Samsung Neo QLED QN90A Mempunyai Teknologi Neo QLED

Berikut beberapa update soal perkembangan situasi pasca gempa bumi di Jepang:

1. Gempa Bumi Picu Gelombang Tsunami.

Japan Meteorological Agency (JMA) atau Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami akibat gempa tersebut.

Lembaga penyiaran NHK bahkan melaporkan JMA sempat mengeluarkan peringatan tsunami besar di prefektur Ishikawa.

Selanjutnya, peringatan tsunami dari JMA itu terbagi dalam tiga kategori yang ditandai dengan garis ungu, merah dan kuning, Noto Area di Prefektur Ishikawa masuk dalam kategori ‘Major Tsunami Warning’ yang ditandai dengan garis ungu.

Badan Meteorologi Jepang juga mengeluarkan peringatan tsunami di sepanjang wilayah pesisir prefektur Niigata dan Toyama. Namun, peringatan tsunami kini telah diturunkan.

Selain itu, tsunami juga terjadi di Kota Toyama dengan ketinggian 80 cm, Kanazawa dengan ketinggian 70 cm, hingga Niigata dengan ketinggian 30 cm.

2. Gempa Bumi Korban Tewas.

Sehingga update terbaru di hari ini, (02/01/2024) sebanyak enam orang tewas imbas gempa dahsyat yang mengguncang Jepang kemarin.

Walaupun begitu, belum adanya detail terkait total jumlah korban meninggal dunia maupun jumlah korban luka.

Baca Juga:Smart TV Samsung The Frame Series Mempunyai Konsep Sangat BaikInilah Smart TV dari Merek Samsung dengan Kualitas Gambar yang Tinggi

3. Gempa Bumi Ribuan orang terjebak di kereta cepat belasan jam.

Sebanyak 1.400 orang dilaporkan terjebak di dalam sejumlah rangkaian kereta cepat Hokoriku Shinkansen saat gempa terjadi.

NHK melaporkan West Japan Railway memaparkan empat rangkaian kereta terpaksa berhenti di tengah perjalanan dari Kanazawa dan Toyama hingga 11 jam.

Beberapa operasional kereta cepat dihentikan hingga Selasa siang nanti imbas gempa besar ini.

Namun, beberapa operasional jalur kereta cepat seperti Tokyo dan Odawara telah kembali normal.

5. Gempa Bumi picu peringatan tsunami hingga ke Rusia dan Korsel

Pulau Sakhalin di Rusia yang dekat Jepang dan Kota Vladivostok juga berada dalam status ‘waspada’ tsunami. Peringatan tsunami dikeluarkan usai gempa dengan M 7,5 terjadi di Jepang.

0 Komentar