KPU Libatkan Bawaslu dalam Proses Pengawasan Sorlip Surat Suara

KPU Libatkan Bawaslu dalam Proses Pengawasan Sorlip Surat Suara
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESKPU Kabupaten Sukabumi melibatkan sebanyak 1.340 relawan dalam kegiatan sortir dan pelipatan (Sorlip) surat suara pemilu 2024.

Kegiatan sorlip dilaksanakan mulai hari ini di Gedung Logistik KPU Kabupaten Sukabumi Jalan Cimahpar Kecamatan Sukaraja, Sabtu (6/1/) lalu.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Kasmin Belle mengatakan, sebanyak 1.340 relawan sorlip ini sebelumnya sudah melewati tahapan seleksi guna memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Relawan direkrut dari kalangan masyarakat di setiap daerah pemilihan di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga:BPBD Catat 568 Bencana Terjadi Sepanjang 2023Sosialisasikan Aplikasi Simponi-Parasut ke SKPD

 “Penyortiran serta pelipatan akan dilakukan oleh pekerja sebanyak 1.340 orang, dibantu 134 petugas packing, 67 petugas supervisor melibatkan unsur mahasiswa dan internal KPU termasuk 18 orang pengawas internal KPU,” tuturnya.

Adapun jumlah surat suara yang disorlip, kata Kasmin, yaitu sebanyak 2.041.034 lembar per jenis surat suara plus termasuk 1.000 surat suara pemungutan suara ulang (PSU).

Sementara untuk upah sortir perlembar kertas suara calon Presiden Rp300, dan untuk kertas suara DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten Rp400.

Menurutnya penyortiran surat suara dilakukan untuk mengetahui kemungkinan ada kerusakan surat suara akibat terkena tinta ataupun sobek. Sehingga surat suara yang nantinya didistribusi ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) tidak cacat.

Selain itu sambung Kasmin, untuk memastikan tak ada indikasi apapun serta untuk mengantisipasi potensi kecurangan, selama proses sorlip juga akan diawasi oleh pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun aparat penegak hukum. 

“Saat ini tentu sudah berkoordinasi dengan pihak TNI, Polri, Kejaksaan, Bawaslu dan unsur terkait untuk melakukan pengamanan pada lokasi penyimpanan hingga proses distribusi ke wilayah,” pungkasnya. (SZ/IST)

Libatkan 1.340 Relawan, KPU Kabupaten Sukabumi Mulai Sorlip Surat Suara

0 Komentar