Harga Komoditas Bahan Pokok Stabil

Harga Komoditas Bahan Pokok Stabil
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kondisi pergerakan harga sejumlah komoditas bahan pokok di Kota Sukabumi cenderung stabil beberapa hari terakhir. Belum ada fluktuasi harga yang signifikan.

Data Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (Diskumindag) setempat, untuk harga komoditas daging sapi saat ini dijual di kisaran Rp150 ribu per kilogram. Sedangkan daging ayam kisaran Rp34 ribu per kilogram.

“Masih cukup stabil untuk harga berbagai komoditas bahan pokok,” kata Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki, belum lama ini.

Baca Juga:UPTD PPA DP2KBP3A Tangani 90 Kasus KekerasanPolres Sukot Gencarkan Razia Ranmor Berknalpol Brong

Berbagai komoditas bahan pokok masyarakat lainnya pun, sebut Rifki, terpantau masih stabil. Pada komoditas beras misalnya, jeni spremium kelas I dijual kisaran Rp13.600 per kilogram dan beras medium kelas I di kisaran Rp12.500 per kilogram.

“Kalau beras SPHP atau beras Bulog stabil pada harga Rp10.900 per kilogram. Ini memang kan ada standardnya,” tegasnya.

Kondisi harga yang stabil juga terjadi pada komoditas sayuran. Berdasarkan data Diskumindag harga tomat kecil per kilogram mencapai Rp20 ribu dan tomat besar Rp25 ribu per kilogram. Sementara wortel kisaran Rp15 ribu per kilogram dan buncis Rp5 ribu per kilogram.

Rifki menuturkan, komoditas yang cukup cepat berubah-ubah mayoritas merupakan sayuran. Terutama yang pasokannya dari luar daerah.

“Mungkin karena faktor cuaca yang cukup berdampak terhadap pasokan,” ucapnya.

Namun, sejauh ini dinamisasi harga cenderung masih cukup terkendali. Tidak terjadi gejolak di kalangan masyarakat maupun pedagang.

“Kebutuhan juga masih cukup terpenuhi, sehingga tak terjadi kelangkaan,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar