PSC 119 Layani Lebih dari 20 Ribu Pasien

PSC 119 Layani Lebih dari 20 Ribu Pasien
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi memberikan pelayanan bagi puluhan ribu orang melalui program Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah layanan tersebut dilaksanakan selama 2023.

Kepala Dinkes Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah, menerangkan PSC 119 yang dikelola UPTD Penunjang Kesehatan Dinkes Kota Sukabumi untuk melayani kasus emergency maupun nonemergency.

Selama 2023 PSC 119 telah merespon sebanyak 11.505 panggilan melalui layanan ambulans sigap. Sedangkan melalui layanan home care dilakukan sebanyak 9.571 kunjungan ke rumah pasien dengan jumlah keluarga binaan sebanyak 408 keluarga.

Baca Juga:BPN Targetkan Penerbitan 500 SHATBiaya Retribusi KIR Kendaraan Mulai Digratiskan

“Hampir lebih dari 20 ribu orang dan keluarga yang dilayani PSC 119, Sigap, dan Homecare. Layanan PSC 119 dapat dihubungi melalui nomor 08001000119,” kata Reni, kamis (18/1).

Dia mengharapkan tahun ini jumlah masyarakat yang menderita sakit maupun membutuhkan layanan emergensi menurun karena kesadaran dan kemandirian masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat semakin meningkat. Namun seperti ditegaskannya Dinkes Kota Sukabumi akan tetap memberikan layanan kesehatan 24 jam bagi masyarakat.

“Kami berharap angka kesakitan dan keluhan masyarakat terhadap layanan emergency dan nonemergency menurun. Bukan karena kami tidak melayani, tetapi kemandirian masyarakat untuk menjalani hidup sehat menjadi lebih baik. Kami tetap 24 jam melayani masyarakat untuk memberikan bantuan layanan kesehatan,” ucapnya.

Sejalan dengan harapan tersebut, Dinkes Kota Sukabumi saat ini tengah menggencarkan sosialisasi dan pelatihan mengenai bantuan pertolongan hidup dasar dengan sasaran utamanya adalah kalangan pelajar.

“Begitu banyaknya kemampuan hidup dasar yang harus dimiliki pelajar dan masyarakat. Maka kami memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai bantuan pertolongan hidup dasar bagi pelajar,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar