Selaraskan Usulan dengan Program Pembangunan

Selaraskan Usulan dengan Program Pembangunan
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menghadiri sekaligus membuka musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Kecamatan Warudoyong, Senin (29/1).

“Musrenbang diharapkan dapat menghasilkan usulan-usulan yang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas masyarakat serta selaras dengan arah dan tujuan pembangunan nasional,” ujar Kusmana, kemarin.

Pembagunan daerah harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, penurunan angka prevalensi stunting, pengendalian inflasi, pemerataan pembangunan, inklusif, dan berkelanjutan.

Baca Juga:Kasus ISPA Relatif TinggiKaesang Buka Suara Usai Jokowi Sebut Presiden Boleh Memihak di Pemilu

Sementara itu pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, tetapi membutuhkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, termasuk masyarakat, swasta, dan organisasi kemasyarakatan.

“Kita harus bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan Kota Sukabumi yang bahagia lahir dan batin. Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah, baik melalui musrenbang maupun melalui mekanisme lain yang tersedia,” jelasnya.

Secara umum, dari musrenbang diperoleh beberapa usulan yang berkaitan dengan pembangunan inklusif dan berkelanjutan. Antara lain mendorong pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, dan industri hijau yang berbasis potensi lokal, meningkatkan kesehatan dan pendidikan masyarakat, serta membangun dan memperbaiki konektivitas.

“Setiap usulan tentu ada skala prioritas. Semoga yang menjadi usulan skala prioritas bisa direalisasikan pada 2025,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar