Menyulap’ TPS jadi Unik Agar Menarik

KEEMPAT (2) (1).jpg
KEEMPAT (2) (1).jpg
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Berbagai cara dilakukan KPPS di sejumlah wilayah dengan membuat TPS unik pada Pemilu 2024, kemarin (14/2). Mereka membuat TPS semenarik mungkin.

Seperti di TPS 18 Kelurahan Dayehluhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. TPS-nya dihiasi balon serta bunga seperti pesta ulang tahun sehingga menarik antusias pemilih berbondong-bondong datang.

Ketua KPPS 18, Mulyadi, mengatakan hal ini salah satu upaya guna memikat masyarakat dalam melakukan pencoblosan. Tahun ini konsepnya berbeda dan pemilu sebelumnya yang mengusung tema pernikahan.

Baca Juga:Harga Beras Tembus Rp16 Ribu per KgForkopimda Pantau Pemungutan Suara ke Sejumlah TPS

“Alhamdulillah cukup efektif konsep ini. Hingga pukul 10.30 WIB, warga yang sudah menggunakan hak pilihnya di TPS 18 sudah mencapai 80 persen dari jumlah DPT sebanyak 272 pemilih,” kata Mulyadi, kemarin.

Membuat TPS seperti itu tentu membutuhkan anggaran cukup besar. Mulyadi menuturkan ada swadaya dari masyarakat yang turut membant, seperti menyumbang bunga dan dekorasi.

“Kami juga siapkan foto booth,” ungkapnya.

Kondisi serupa terjadi di TPS 06 di Kampung Tegal Nyampay RT 06/02 Desa Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi.

TPS-nya dibuat seperti pesta pernikahan.

“Ide itu merupakan hasil musyawarah anggota KPPS 06 dibuat seperti pesta hajatan agar para pemilih mau datang untuk menyalurkan hak pilihnya,” ujar Ketua KPPS 06, Lelih Hayati.

Lelih berharap pesta demokrasi rakyat bisa lebih dirasakan masyarakat.

 “Itu tenda di bangun di halaman rumah.Anggaran dihitungkan beserta dari perincian makan. Totalnya Rp3.725.000,” ucapnya.

Semua peralatan dan perlengkapan membangun TPS KPPS. Termasuk dekorasinya dikerjakan petugas KPPS. (mg4/mg3)

0 Komentar