Viral! Bawaslu Garut Lagi-Lagi Temukan Surat Suara yang Sudah Dicoblos

Bawaslu Garut temukan surat suara yang sudah tercoblos
Bawaslu Garut temukan surat suara yang sudah tercoblos
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Ramai jadi sorotan, pasalnya pada tanggal 14 Februari 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut menemukan 24 surat suara yang telah dicoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 Desa Simpangsari, Kecamatan Cisurupan. 

Diketahui, penemuan surat suara yang telah dicoblos ini menimbulkan kekhawatiran dan kecurigaan masyarakat, terhadap potensi kecurangan dalam Pemilu 2024.

Kronologi Penemuan:

1. Pada tanggal 14 Februari 2024, saat penghitungan suara di TPS 17 Desa Simpangsari, KPPS menemukan 24 surat suara yang telah dicoblos.

Baca Juga:Gemoynya Joget Pak Prabowo Usai Pengumuman Sukses 1 PutaranSelain Pantai Kuta, Bali Juga Miliki Wisata Populer Pura Tanah Lot 

2. KPPS kemudian melaporkan temuan tersebut kepada Bawaslu Garut.Bawaslu Garut langsung melakukan investigasi dan mengamankan 24 surat suara tersebut.

Dugaan Kecurangan:

-Pencoblosan surat suara sebelum hari pemungutan suara.-Manipulasi surat suara saat proses penghitungan suara.-Kesalahan prosedur oleh KPPS.

Adanya kejadian menaaskan ini, tentu saja membuat Bawaslu Garut harus terus melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab, dan motif di balik penemuan surat suara yang telah dicoblos ini. Selain itu, Bawaslu juga akan menindak tegas pihak-pihak yang terbukti melakukan kecurangan.

Penemuan surat suara yang telah dicoblos ini dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilu, serta hal ini juga dapat memicu terjadinya konflik dan keresahan di masyarakat.

Pentingnya Menjaga Integritas Pemilu:

Integritas pemilu merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan hasil pemilu yang adil dan demokratis, oleh karena itu semua pihak harus bahu membahu untuk menjaga integritas pemilu dengan cara:

-Melakukan pengawasan pemilu secara partisipatif.-Melaporkan kepada Bawaslu jika menemukan dugaan kecurangan.-Menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan sportifitas.

Masyarakat diharapkan untuk tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum tentu benar. Percayakan proses investigasi kepada Bawaslu dan ikuti perkembangan informasi terbaru dari sumber-sumber terpercaya.

0 Komentar